5 Makanan yang Bikin Anda Fokus Berkendara Saat Puasa

Hal ini pula mampu mengurangi risiko seperti kecelakaan lalu lintas.

Tentu saja ada konsekuensi tersendiri saat otak dipaksa untuk menjaga konsentrasi berlebih, salah satunya mata cepat lelah yang ujung-ujungnya ngantuk atau jadi gampang tersulut emosi.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menjaga tingkat konsentrasi.

Adapun seperti dilansir situs ban Goodyear, salah satu cara untuk menjaga konsentrasi tetap baik selama mengemudi ialah dengan istirahat yang cukup ataumengkonsumsi makanan yang tepat sebelum melakukan aktivitas.

Nah bicara soal makanan, ternyata adaasupan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga konsentrasi otak agar tetap stabil.

Apa saja makanan tersebut dan kandungan apa yang membuat konsentrasi otak tetap terjaga, berikut adalah daftar makanan yang dapat Anda coba.

Pisang

Pisang termasuk buah yang kaya nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat banyak orang suka mengonsumsi buah ini.

Pisang mengandungan kalium, serat, mangan, dan vitamin B yang tinggi dapat membantu produksi serotonin, norepinephrine, dan dopamine di tubuh.

Manfaat pisang berguna untuk memperlama durasi konsentrasi otak seseorang.

Selanjutnya

Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan terutama kacang almond dan kenari ternyata juga baik untuk meningkatkan konsentrasi otak terutama saat seseorang akan mengemudi.

Dalam sebuah kacang-kacangan, mengandungan omega 3, antioksidan, serta vitamin B6 dan E bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Kandungan yang ada pada kacang-kacangan juga dapat menjadi stimulasi yang baik untuk otak agar tetap fokus konsentrasi.

Telur

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan konsentrasi otak ialah telur, terutama pada bagian kuningnya. Kuning telur memiliki kandungan choline dan lutein yang tinggi, serta memiliki peran penting pada otak, yakni untuk memaksimalkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi.

Selain itu, kandungan fenilalanin yang ada pada telur dapat menghasilkan dopamine yang berguna untuk meningkatkan suasana hati.

Dengan suasana hati yang baik, tubuh akan memunculkan rasa nyaman sehingga pengemudi akan lebih mudah berkonsentrasi pada saat mengemudi.

Selanjutnya

Blueberry

Buah mungil yang terkenal ini merupakan salah satu buah yang paling sehat. Tidak hanya memiliki antioksidan yang tinggi, blueberry juga kaya akan vitamin C dan K.

Kandungannya yang kaya akan nilai gizi, membuat buah mungil ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat blueberry di antaranya, membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stres dan kecemasan, serta meningkatkan daya otak dan konsentrasi untuk waktu yang lama.

Kafein

Sudah jadi rahasia umum bahwa kafein dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Kafein yang biasa ditemukan di kopi, teh, cokelat, dan minuman berenergi ini juga dapat mengatasi rasa kantuk yang biasa melanda selama mengemudi.

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein secara berlebihan.

Jika kafein dengan jumlah berlebih, maka dapat menimbulkan efek berkurangnya cairan dalam tubuh sehingga mudah timbulnya dehidrasi.


Lanjut ..

Akibat Buruk Makan Berlebihan yang Harus Diwaspadai Saat Bulan Puasa

Bukan sehat yang dirasa, malah penyakit berdatangan. Makan berlebihan atau overeating ialah ketika seseorang mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan dalam waktu yang cepat.

“Yang kita mau, belum tentu yang kita butuh. Yang kita butuh, belum tau yang kita mau. Jadi harus menyesuaikan,” ujar dr. Maria Charlotte, ahli kesehatan dan nutrisi di restoran SaladStop!, Jakarta,beberapa waktu lalu.

Apalagi saat bulan puasa tiba. Nafsu untuk makan banyak saat berbuka bisa memicu makan berlebihan. Puasayang seharusnya dapat memperbaiki metabolisme tubuh, malah memberikan efek negatif akibat perilaku makan yang salah.

“Cepatnya makanan masuk, walaupun kecepatannya belum dibuktikan dalam penelitian, bisa menimbulkan gejala nyeri perut dan kembung,” tambahnya.

Akibat Makan Berlebihan

Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Berat Badan Bertambah

Makan berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Apalagi bila Anda tidak mengontrol makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Makanan berkalori tinggi, karbohidrat, serta berminyak dapat memicu kenaikan berat badan.

Gastritis

Melansir Klikdokter.com, gastritis adalahadanya peradangan pada dinding lambung yang bagi sebagian orang bersifat akut yakni muncul tiba-tiba dan hanya berlangsung dalam hitungan hari atau minggu. Sebagian lagi mengalami gastritis kronis, yang muncul perlahan dan berlangsung dalam hitungan bulan atau tahun.

Permasalahan Kulit

Masalah kulit seperti jerawat bisa datang akibat banyak makan makanan yang berminyak. Bila tidak diimbangi dengan makan sehat seperti sayur dan buah, maka jangan heran bila masalah jerawat sering muncul.(Fairuz Fildzah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjut ..

Mantan Ketua LPSK Minta RUU Perampasan Aset Segera Disahkan

“Dalam kasus korupsi kan ada UU Perampasan Aset yang rancangannya sudah dibuat dari beberapa tahun lalu, tapi sampai sekarang belum disahkan,” kata Abdul Haris di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).

Dia menilai, pengesahan RUU ini sangat penting. Keberadaan RUU Perampasan Asetbisa membuat lembagapenegak hukum melakukan perampasan tanpa harus menunggu peradilan selesai.

“Karena melalui UU Perampasan Aset itu aset-aset dari koruptor itu bisa dirampas tanpa harus menunggu proses peradilan dan bisa digunakan untuk kepentingan publik,” ujar Abdul Haris.

Presiden, lanjut dia, harus memiliki komitmen untuk memperkuat proses pemberantasan korupsi. Salah satunya dengan ikut andil melalui pengesahan RUU Perampasan Aset.

“Presiden bisa masuk dalam hal penguatan peraturan yang akan memperkuat proses penegakan hukum itu sendiri,” ucap dia.

Masih Ada Perdebatan

Ilustrasi Foto Berkas atau Dokumen. (iStockphoto)

Dua tahun lalu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkapkan draf Rancangan Undang-Undang (RUU)Perampasan AsetatauAsset Recovery, telah diserahkan kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly untuk ditindaklanjuti. Akan tetapi, pada perjalanannya masih ada perdebatan mengenai RUU tersebut.

Kepala PPATK, Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, pihaknya sudah menandatangani draf RUU tersebut. Selanjutnya telah diserahkan kepada Menkumham. Dengan demikian, ia belum dapat memastikan kapan RUU tersebut dapat diundangkan dan diimplementasikan.

“Belum tahu kapan RUUAsset Recovery. Kami sudah paraf dan menyampaikannya ke Menkumham. Amanat Presiden (Ampres) juga belum, karena itu kan dari Menkumham ke Presiden. Mudah-mudahan tahun ini lah,” Kiagus menjelaskan saat berbincang denganLiputan6.comdi kantornya, Jakarta, Rabu 8Maret 2017.

Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan itu mengaku masih ada perdebatan terkait pengelolaan aset hasil korupsi dan tindak pidana pencucian uang yang masuk dalam RUU Perampasan Aset.

“Kami memberi pendapat asetnya ini biar menjadi tugas Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu. Tapi menurut Kejaksaan, mereka harus melaksanakan suatu keputusan pengadilan. Jadi masih ada perdebatan. Tidak tahu apakah harus diskusi ulang karena poin penting di RUU ini siapa yang mengurus aset,” tegas Kiagus.

Sebelumnya, Wakil KepalaPPATK, Agus Santoso, menjelaskanbahwa dengan adanya RUU Perampasan Aset, apabila terjadi pertambahan kekayaan oleh penyelenggara negara yang tidak wajar dan tidak bisa dibuktikan berasal dari kegiatan yang sah, bisa disita untuk negara.

“Kalau usulan RUU ini bisa diterima, kami yakin kita bisa wujudkan RI yang bersih, adil, dan makmur,” ujar Agus.


Reporter:Sania Mashabi

Lanjut ..

Cek, 5 Manfaat Puasa Ramadan bagi Kesehatan

Puasa ini merupakan bentuk ibadah yang akan dilakukan selama Ramadan.

Tak hanya bermanfaat bagi perkembangan spiritual, puasa ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Melansir dari Boldsky, berikut manfaat dari puasa:

1. Menurunkan berat badan

Puasa memang tidak akan memberikan penurunan berat badan yang drastis. Namun, apabila Anda berpuasa dan memperhatikan nutrisi yang Anda konsumsi maka penurunan berat badan dapat Anda capai.

2. Mengontrol gula darah

Puasa dapat mengatur tingkat gula darah Anda. Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya Anda akan mengalami penurunan gula darah.

Mengatasi alergi dan inflamasi

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Puasa dapat menurunkan resiko aterosklerosis yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Saat puasa pun lemak akan digunakan sebagai cadangan energi.

Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah pun dapat turun.

4. Memperkuat otot

Saat berpuasa, lemak yang ada ditubuh akan digunakan sebagai sumber energi. Hasilnya, saat puasa otot Anda akan menjadi lebih kuat tanpa adanya lemak tersebut.

5. Mengatasi alergi dan inflamasi

Puasa dapat membantu untuk menangani inflamasi dan alergi seperti penyakit arthritis dan penyait kulit. Ahli bahkan mengatakan bahwa puasa kemungkinan dapat menyembuhkan penyakit inflamasi usus.


Penulis: Khairuni Cesario

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjut ..

6 Zodiak Ini Tetap Kerja Gila-gilaan Meski Lagi Puasa

Siapa saja mereka? Dilansir dari Your Tango, berikut 6 zodiak pekerja keras:

1. Aries (21 Maret – 19 April)

Aries tidak ingin mengecewakan siapapun, makanya segala tanggung jawab dia ambil meskipun sedang puasa. Dia menjadi gila kerja, tidak ingat waktu meski sudah hampir buka puasa. Aries tidak akan meninggalkan meja jika pekerjaan belum selesai.

2. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Buat Gemini, pekerjaan adalah hidupnya. Puasa bukan alasan bagi zodiakini untuk tidak produktif. Dia akan tetap bekerja dan terus memikirkan pekerjaannya.

3. Virgo (23 Agustus – 22 September)

Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Virgo yang perfeksionis ingin semua pekerjaan terselesaikan dengan baik. Puasa tetap dia jalankan dengan baik tanpa mengurangi target pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi, kadang sifat perfeksionisnya membuatnya sering berargumen dengan orang lain.

4. Libra (23 September – 22 Oktober)

Puasa bukan halangan bagi Libra dalam bekerja, karena dia akan memikirkan cara cepat bagaimana pekerjaan bisa selesai meskipun sedang puasa. Itulah kenapa Libra bisa menjadi pekerja keras yang tangguh.

5. Sagittarius (22 November – 21 Desember)

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tidak hanya gila kerja, zodiak ini juga bisa menyelesaikan tantangan yang ada. Termasuk menyelesaikan deadline dan target dari klien meskipun hawa puasa sedang dirasakannya. Saking fokusnya, dia tidak akan merasa lapar dan tetap melanjutkan pekerjaannya.

6. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

Capricorn setia dengan pekerjaannya. Dia akan menyelesaikan apa yang sudah dimulai meskipun waktu kerjanya sudah habis. Capricorn adalah salah satu pekerja keras yang tidak akan meninggalkan pekerjaannya.

Lanjut ..

Sinopsis FTV SCTV Akutu Kezel Tapi Cinta Tayang Senin Pagi Ini

Lha buktinya nggak ada PHK kok. Ehh akhirnya jadi kenyataan. Yang nyebelin, kenapa pas Vino sebentar lagi mau kawin?! Kan kesel. Makanya Vino minta ke Dea, calon istrinya untuk ngundurin pernikahan. Lha Dea ya nggak mau, bukan apa-apa, undangan udah kesebar kemana-mana. Masa mau ditunda? Pokoknya Dea tetep ngotot mereka harus nikah, nggak peduli Vino sekarang nganggur.

Dalam FTV SCTV berjudul Akutu Kezel Tapi Cinta, juga berceritaakhirnya mereka tetap menikah. Tapi.. oalahhh kanjeng Papi mertua selalu nyindir, bikin kuping Vino merah. Masa yang kerja istri? Masa kawin cuma modal cinta? Hiks, Vino makin stress karena cari kerjaan juga susah. Ibunya Vino mau kasih modal tapi Vino nggak mau ngerepotin ibunya. Duh puluhan tahun dirawat sama ibu yang sudah menjanda, kok kayaknya kurang ajar bener masih juga “disuapin” sampe segede ini.

Akhirnya Vino memutuskan jadi driver taksi online. Dea sih nggak masalah, dia tahu banget Vino orangnya bertanggung jawab. Vino bawa uang sedikit pun dia terima, itu aja nggak tega sih.. Kan Dea punya gaji sendiri, yang jauh lebih besar dari Vino tapi Vino maksa, kan udah kewajiban suami mesti menafkahi istri. Dea terharu, bahagia punya suami kayak Vino.Tapi nggak gitu sama kanjeng papi mertua. Tiap hari ngomel terus. Apalagi pernah nih Papi abis meeting dan mobilnya masih di bengkel, ya udah papi pesen taksi online. Ehh yang datang Vino. Gimana papi nggak keki?.

Perseteruan Vino dan kanjeng Papi memang makin tajam. Sebenernya sih lucu. Misalnya papi sengaja kempesin ban mobil Vino biar Vino nggak bisa narik. Saat lain, gatnian Vino ngerjain papi yang alergi kacang. Padahal Papi mau pergi, terpaksa karena gatal-gatal akhirnya papi batalin acara itu. Pernah juga Papi pura-pura sakit, terus datang dokter yang sebenarnya pelayan café tenpat papi langganan ngopi. Si dokter memvonis papi sakit jantung akut dan harus istirahat di rumah. Vino disuruh jagain papi. Lah gimana mau kerja cari uang kalo harus jagain papi?

Bagaimana cerita FTV SCTV selengkapnya?

Ketiban Sial

FTV SCTV Akutu Kezel Tapi Cinta tayang Senin 6 Mei 2019 pukul 10.00 WIB

Nah papi sengaja kayak gitu supaya Dea bisa deket lagi sama Boy, mantan Dea yang justru disetujui Papi. Menurut Papi, Boy itu pantas jadi suami Dea tapi Dea malah memilih Vino.

Boy juga kesel kok Dea cinta banget sama Vino. Makanya Boy bikin ulah, meskipun Dea sudah menikah dia tetep berharap bisa balikan sama Dea. Boy suruh anak buahnya buat ngerjain Vino. Pas Vino bawa taksi online, dia dirampok dan mobilnya dibawa pergi. Vino makin stress, Dea juga ikut sedih dan nawarin mobilnya buat dipake Vino tapi Vino nggak mau. Kanjeng Papi juga nggak setuju, enak aja masa Vino dimodalin sama anak kesayangannya? Huuu papi makin nyela deh.

Untung ada Eengkus, bekas OB di kantor yang nawarin kerjaan jadi tukang cukur di tempat sekarang Engkus kerja. Engkus nggak tega lihat mantan bosnya ini hidup susah. Soalnya dulu Engkus banyak dibantu sama Vino. Sialnya, gara-gara salah cukur, Vino dipecat. Engkus juga. Karena dianggap gara-gara Engkus bawa Vino jadinya itu barbershop ketiban sial.

Ngambek

FTV SCTV Akutu Kezel Tapi Cinta tayang Senin 6 Mei 2019 pukul 10.00 WIB

Nah satu hari Vino ketemu Lala, mantannya jaman kuliah. Sekarang Lala udah pegang sendiri perusahaan papanya. Lala nawarin kerjaan tapi Vino nolak. Nggak enak sama Dea. Kan Lala mantan, meskipun udah nggak ada hubungan apa-apa tapi kan nggak enak. Ini masalah etika aja sih. Tapi gara-gar kanjeng Papi nyondir terus, akhirnya Vino terima kerjaan dari Lala. Engkus juga diajak kerja disitu sebagai menebus rasa bersalah karena Engkus nganggur dipecat dari barbershop.

Ketakutan Vino jadi kenyataan karena Dea cemburu. Ya gimana nggak cemburu, Vino pulang malem terus. Abis gimana? Kerjaan emang numpuk, banyak proyek yang harus dikerjakan. Dea jadi posesif, Vino dianterin ke kantor. Tiap jam makan siang, ngajak makan bareng. Nggak peduli Lala ngajak miting. Akhirnya Vino kesal dan minta Dea untuk menghargai pekerjaannya. Lagian kalo dia nggak kerja kan nanti kangjeng papi marah.

Dea ngambek dan ngebales Vino. Dea terima ajakan Boy makan malam, shoping, dll. Gantian Vino yang cemburu, sampai ngajak Boy duel tapi Vino kalah.Di sisi lain, Lala sedih. Sejujurnya dia masih mencintai Vino dan iri melihat Vino yang begitu mencintai Dea. Misalnya, pas selesai miting Vino mampir ke booth souvenir dan beli pernak-pernik kalung, gelang kesukaan Dea. Apa aja deh yang Dea suka, selalu disempatkan Vino buat beli. Sayangnya, pas di rumah Dea nggak peduli. Itu yang bikin Vino sedih.

Semua Happy

FTV SCTV Akutu Kezel Tapi Cinta tayang Senin 6 Mei 2019 pukul 10.00 WIB

Hubungan Vino dan Dea lama-lama renggang karena papi ngomporin dan Boy selalu siap di dekat Dea. Vino baru sadar dengan kesibukannya. Dia nggak mau kehilangan Dea. Makanya dia resign, nggak peduli lah dia pengangguran yang penting dia harus dapetin Dea kembali. Papi menghalangi, nggak setuju Vino balikan sama Dea tapi kali ini Vino melawan.

Dea istrinya, dia berhak untuk mengambil Dea. Udah gitu Ibu Vino juga turun tangan ngadepin papi. Eh papi, gimana sih? Anak saling cinta, udah resmi menikah kok malah mau dipisahin? Yang jalanin pernikahan kan mereka, mestinya sebagai orangtua harus doain supaya pernikahan mereka langgeng, bukannya malah nyuruh bubar.

Nah kedatangan Ibu juga ditemani Opa Didi, yang tak lain mertuanya Papi. Jadi Opa ini dulu juga nggak setuju papi menikah dengan almarhumah mami, anak Opa. Sebabnya papi dari keluarga miskin, tapi Opa akhirnya setuju karena melihat Papi yang pekerja keras. Dari bukan siapa-siapa bisa jadi pengusaha.

Di situ papi akhirnya sadar dan mau menerima Vino. Apalagi Vino kemudian diterima kerja di perusahaan asing. Vino langsung diangkat jadi manager regional Asia yang akan ditempatkan di Singapur. Papi sedih, nggak rela harus brpisah sama Dea. Akhirnya Vino nggak ambil kerjaan itu, nggak tega kalau lihat papi harus berpisah dengan anak kesayangannya. Papi akhirnya menyerahkan bisnisnya ke Vino, sekalian supaya Vino jagain Dea. Nah kalo begini kan enak, semua happy.

Lanjut ..

Cristiano Ronaldo Jadi Raja Udara

Untuk urusan sundulan, Cristiano Ronaldo mempunyai kemampuan di atas rata-rata pemain lain. Mencetak gol dengan kepala bukan hal yang tabu bagi pemain yang kini membela Juventus tersebut.

Terbaru, Cristiano Ronaldo mencetak satu gol dari sundulan kepala pada laga kontra Torino, Sabtu (3/5/2019) dini hari WIB, dalam laga lanjutan Serie A. Laga itu berakhir imbang 1-1.

Bagi Cristiano Ronaldo, satu gol itu membuatnya memiliki catatan khusus dalam kariernya.

Gol Sundulan ke-100

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Torino pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Jumat (3/5). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Marco Bertorello)

Sejak masih bermain untuk Manchester United, Cristiano Ronaldo memang sudah punya kemampuan bagus dalam hal duel bola atas. Dia sering memenangkan sebuah perebutan bola atas dan mencetak gol dengan cara tersebut.

Pada laga melawan Torino, Ronaldo mencetak gol pada menit ke-86. Eks pemain Real Madrid itu membobol gawang Torino usai menyambut umpan Leonardo Spinazzola. Gol ini membuat Juventus terhindar dari kekalahan dan mengakhiri laga dengan skor 1-1.

Ditambah satu gol ke gawang Torino, Ronaldo kini tercatat sudah mencetak 100 gol dari sundulan. Jumlah tersebut dicatat sejak karier profesional pemain berusia 34 tahun tersebut terjadi bersama Sporting CP.

Bagi Ronaldo pribadi, gol ke gawang Torino jadi torehan golnya yang ke-601 bersama dengan klub yang dibelanya. Dia jadi salah satu pemain aktif dengan torehan gol paling banyak di dunia bersama klub.

Top Scorer Serie A

Satu gol yang dicetak oleh Ronaldo kini juga membuatnya kembali bersaing dalam perebutan gelar top skor Serie A musim 2018/19. Ronaldo kini telah mencetak 21 gol, sama dengan jumlah gol yang dicetak oleh Krzysztof Piatek [AC Mmilan] dan Duvan Zapata [Udinese].

Mereka terpaut dua gol dari Fabio Quagliarella yang memimpin daftar top skor sementara Premier League musim 2018/19.

Masih ada beberapa laga yang tersisa. Juventus nampaknya akan terus memainkan Ronaldo. Si Nyonya Tua diyakini bakal membantu Ronaldo untuk mewujudkan ambisinya menjadi top skor Serie A pada musim 2018/19.

Sumber: Bola.net

Lanjut ..

Pesona Pagi di Gunung Kelud Memukau Ratusan Wisatawan dari 14 Negara

Gunung Kelud kedatangan tamu istimewa dari Majapahit International Travel Fair (MITF). Wisatawan asing ini berjumlah 100 orang. Mereka berasal dari gabungan 14 negara datang menggunakan tiga unit bus.

Setibanya di Gunung Kelud, rombongan disambut tari-tarian tradisional. Mereka juga diberikan suvenir cantik oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, berupa kaus.

Tidak hanya sekadar jalan-jalan, rombongan juga diajak berpetualang menjelajahi lereng Gunung Kelud dengan menggunakan jip offroad. Sebanyak 25 unit mobil jip yang dipersiapkan untuk menyusuri medan ekstrem dengan suguhan pemandangan yang indah.

Direktur pelaksana Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Timur, Bambang Priambodo mengaku, sengaja melakukan fun tripke arah barat. Sebab, pihaknya akan ‘menjual’ objek wisata alam Gunung Kelud yang terkenal memiliki panorama kawah yang indah usaimeletuspada 2014 lalu.

“Inilah saatnya kita jual keindahannya kepada masyarakat lokal maupun internasional,” katanya, Minggu (5/5/2019).

Kemudahan Akses

Foto: Kementerian Pariwisata

Kemudahan akses menuju Gunung Kelud disampaikan kepada rombongan MITF dari 14 negara sebagai ‘buyer‘. Harapannya, wisatawan asing dari agen travel internasional tersebut akan menghitung kendala waktu dan lainnya yang nantinya bisa disosialisasikan dan dipromosikan kepada wisatan lain.

“Dengan nantinya ada pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kediri seperti jalan tol dan bandara adalah suatu kemudahan. Sebagian besar rombongan MITF berkomentar, ini sangat layak untuk kita jual. Dan mudah-mudahan untuk segera mereka jual Kediri ke kepada wisatawan dan Kediri sebagai pintu gerbangnya,” ucapnya.

Menurut Bambang, potensi wisata di Kabupaten Kediri sangat luar biasa. Seperti salah satu contohnya desa wisata. Menurutnya, yang harus diperhatikan adalah kreativitas dalam mengelola wisata tersebut.

Lizz Ali dari Faz Holiday Travel Malaysia berkomentar dalam Bahasa Inggris. “Kediri is wonderful, it amazing wonderful place and atractive. Ini sangat cocok untuk wisatawan dan kawasannya sangat bersih,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo mengatakan, kedatangan rombongan MITF 2019 tersebut merupakan kesempatan emas bagi pemerintah daerah untuk mengenalkan pariwisata Kabupaten Kediri, salah satunya Gunung Kelud.

“Selaian Gunung Kelud, ada sejumlah objek wisata menarik di kawasan lereng Gunung Wilis, antara lain, Air Terjun Dollo, Irenggolo dan Sumber Ubalan,” tuturnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Lanjut ..

6-5-1840: Perangko Tempel Pertama di Dunia Perdana Digunakan

Pengenalan perangko prabayar dan alat tulis memakan waktu hampir empat bulan lamanya, lalu mulai diberlakukan untuk seluruh pengiriman surat per 6 Mei 1840, demikian seperti dikutip dari situs web postalmuseum.si.ed,Senin (6/5/2019).

Kala itu, Rowland Hill (seorang guru di Britania Raya sekaligus dalang yang mengampanyekan reformasi atas sistem pos) dan asistennya, Henry Cole, harus bergerak cepat untuk menghasilkan perangko tempel pertama pada hari itu juga.

Hill memilih sebuah mesin pencetak yang dipakai oleh perusahaan percetakan keamanan terkemuka di Inggris: Perkins Bacon & Co. Ia juga menentukan sendiri desain perangko, yang sederhana, yang menampilkan sosok Ratu Victoria.

Perkins Bacon kemudian menugaskan seniman Henry Corbould untuk menggambar citra yang disebutkan oleh Hill, seperti karya yang pernah diciptakan oleh Corbould sebelumnya pada sebuah medali.

Hill memilih tinta hitam untuk perangko tempel ciptannya, seperti yang biasa dipakai pada koin penny, yang kemudian dikenal sebagai Penny Black. Untuk huruf, dibutuhkan tinta agar berat perangko bisa mencapai lebih dari setengah ons, biayanya yakni dua pence (penny jamak).

Hill hanya mengubah warna perangko dan huruf, menciptakan Twopenny Blue. Jauh lebih sedikit Twopenny Blues yang dicetak. Karena merupakan perangko pertama, Penny Black dan Twopenny Blue tidak menunjukkan negara asalnya.

Saat ini, Inggris adalah satu-satunya negara yang membuat perangko-perangko semacam itu. Selain itu, semua perangko di negara ini juga mengikuti perangko pertama yang dirilis ke publik, yaitu dengan memasukkan gambar raja atau ratu yang memerintah.

Selain itu, pada tanggal yang sama, tahun 2001, terjadi rangkaian teror bom yang meledak di kantor pos London.Seorang pejalan kaki, pria berusia 20-an, terluka dalamserangan yang muncul padapukul 01.53 waktu setempat.

Lalu padatahun 1976, Italia dilanda gempa kuat 6,5 skala Richter. Sebanyak 60 orang tewas tertimpa bangunan runtuh akibat lindu.

Sejarah lain juga mencatat pada 6 Mei 1941, Joseph Stalin menjadi perdana menteri Rusia.

Lanjut ..

Jokowi Salat Tarawih di Masjid Jenderal Besar Soedirman Bogor

Merdeka.com – Presiden Joko Widodo melaksanakan ibadah Salat Tarawih pertamanya di bulan Ramadan 1440 H di Masjid Jenderal Besar Soedirman di komplek Museum Peta, Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad), Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (5/5) Malam. BERITA TERKAIT Gelembungkan Suara Caleg Petahana, 2 Anggota PPK di Riau Dipecat Polisi Bongkar ‘Family Gathering’ yang Sediakan Narkoba dan Wanita di Puncak Bertemu Gubernur Banten, Warga Baduy Minta Dibuatkan Perda Desa Adat Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, dengan menggunakan baju koko, sarung, serta peci, Jokowi tiba di…

Lanjut ..

Pesawat Aeroflot Mendarat Darurat dan Terbakar di Moskow, 41 Orang Tewas

Dua anak dan seorang pramugari termasuk di antara yang tewas, lapor media Rusia, seperti dilansir BBC, Senin (6/5/2019).

Seorang saksi mengatakan, adalah sebuah “keajaiban” bagi yang selamat dari jet nahas tersebut, yang membawa 78 penumpang dan lima kru.

Menurut Komite Investigasi Rusia, penumpang dan kru yang selamat berjumlah 37 orang.

Aeroflot, maskapai nasional Rusia, mengatakan pesawat terpaksa kembali ke bandara “karena alasan teknis”, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Pesawat itu,tipe Sukhoi Superjet-100, berangkat dari Bandara Sheremetyevo pukul 18:02 waktu setempat (15:02 GMT) untuk menuju ke kota Murmansk.

Para kru mengeluarkan sinyal bahaya ketika “malfungsi” terjadi tak lama setelah keberangkatan.

Setelah melakukan pendaratan darurat di bandara, mesin pesawat terbakar di landasan pacu, kata Aeroflot dalam sebuah pernyataan.

Awak “melakukan segalanya untuk menyelamatkan penumpang,” yang dievakuasi dalam 55 detik, lanjut pihak maskapai Rusia itu.

Penyelidikan Dilakukan

Ilustrasi Kecelakaan Pesawat (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Media Rusia Interfax, mengutip seorang narasumber, mengatakan bahwa mesin pesawat terbakar di landasan pacu setelah pendaratan keras, tidak di udara seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Laporan Interfax juga menunjukkan bahwa pesawat sempat tidak berhasil dalam upaya pendaratan darurat pertama.

Seorang penumpang, Mikhail Savchenko, mengklaim dia berada di pesawat ketika burung besi itu meledak menjadi bola api di landasan. Beruntung, Savchenko “berhasil melompat keluar”.

Dia berbagi video tentang penumpang yang melarikan diri dari pesawat yang terbakar, memposting: “‘Saya baik-baik saja, saya masih hidup dan utuh.”

Salah satu penumpang yang masih hidup, Dmitry Khlebushkin, mengatakan bahwa dia sangat berterima kasih kepada pramugari.

“Hanya berkat para pramugari, saya selamat,” katanya kepada wartawan.

Kristian Kostov, mantan kontestan Eurovision Bulgaria, memposting di media sosial hasil rekamannya atas detik-detik insiden tersebut.

Dia mengatakan, orang-orang di bandara tampak “terguncang” setelah melihat pesawat dilalap api dan mengatakan penerbangan lain sekarang tidak dapat tinggal landas.

Saksi mata lainnya, Patrick Horlacher, mengatakan kepada BBC bahwa “terkejut” melihat pesawat itu dirusak oleh api hanya beberapa menit sebelum dia akan naik pesawat lain.

Investigasi telah dibuka terhadap insiden itu, kata laporan.

Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah diberitahu dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Lanjut ..