Adu balap dan tebar pesona di ajang pameran

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Persaingan mobil bakal semakin sengit, dan berusaha mencuil dominasi Grup Astra. Gempuran para kompetitor, pelan-pelan mulai menggoyang grup usaha paling dominan di bisnis otomotif dalam negeri. Sebab, mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pangsa pasar Grup Astra semakin menyusut.

Salah satu bintang otomotif tahun ini adalah Mitsubishi. Pada kuartal I-2018, merek ini melego 55.316 unit, nomor satu di grup non Astra. Jika dibandingkan periode sama tahun lalu, Mitsubishi bertengger di urutan ketiga dengan penjualan 25.919 unit.

Baca Juga

Yang menarik, kategori “lain” mampu menjual 22.287 unit di kuartal I-2018. Sedangkan di kuartal I-2017 baru 13.587 unit. Besar kemungkinan kategori “others” ini adalah merek China, seperti Wuling.

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 19 April–29 April 2018 Jakarta membuktikan peta persaingan memang berubah. Irwan Kuncoro, Direktur Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, pada IIMS ini pihaknya menargetkan penjualan 2.000 unit, naik dari realisasi tahun lalu sebanyak 1.800 unit. “Sebanyak 50% dari Xpander dan sisanya produk lain,” katanya.

Mitsubishi mengusung Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition dan New Triton Athlete. Selain dua kendaraan itu, Mitsubishi Motors juga mengandalkan Xpander, Outlander Sport dan Mirage di ajang tersebut.

Direktur Marketing & After Sales Service PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, pihaknya menargetkan penjualan 3.000 unit di ajang IIMS tahun ini, sama seperti pencapaian tahun lalu. “Kami percaya pameran ini membawa dampak positif untuk pasar otomotif nasional, terutama di semester pertama tahun ini,” kata Jonfis, Kamis (19/4).

Salah satu upaya menarik konsumen, Honda meluncurkan penyegaran model Honda BR-V dan edisi spesial dari New Honda Mobilio. New Honda BR-V menambah kesan tangguh dengan penambahan side door garnish pada bagian eksterior samping. Juga New Honda Mobilio 1.5L Special Edition dengan desain front grille dan fog garnish yang baru, penambahan exhaust pipe finisher pada bagian belakang, serta desain alloy wheel yang kian premium

Henry Tanoto, Vice President Director Toyota-Astra Motor mengatakan, sama dengan penyelenggaraan pameran tahun-tahun sebelumnya, dalam IIMS 2018, TAM tidak menetapkan target penjualan. Tapi TAM meluncurkan program khusus bernama THR atau Toyota Hadiah Ramadan. “Hadiahnya berupa tiga unit New Alphard, 30 unit All New Calya, dan 300 unit motor bagi pelanggan yang membeli April-Juni 2018, termasuk pembelian di IIMS 2018,” ucap Henry.

Sementara pabrikan asal China mulai unjuk gigi di IIMS 2018. Nathan Sun, Direktur Sales Wuling Motors menjelaskan pihaknya membawa Wuling Cortez 1.5 melengkapi pilihan MPV. “Ini tidak akan bersaing dengan model Wuling lain karena dari segmen pembeli dan harga berbeda, jelas Nathan. Wulling baru mengikuti IIMS, sehingga belum menargetkan penjualan.

Sementara PT Sokonindo Automobile membawa Glory 580. “Kami menjadikan teknologi cerdas sebagai pengembangan Glory 580,” kata Alexander Barus, Co-CEO Sokonindo Automobile.

Reporter: Eldo Christoffel Rafael

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

OTOMOTIF

Related posts

Leave a Comment