Banjir Sentani : Kemen ESDM Berikan Bantuan Lampu Penerangan Jalan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di 900 titik di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan pembangunan yang dilakukan pemerintah tersebut memang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Seperti PJU-TS ini, yang paling penting itu adalah supaya kita bisa melayani masyarakat dalam bidang penerangan tanpa menimbulkan tambahan polusi dan tidak ada tagihan listriknya,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (20/3/2019).

Sepanjang 2018, dengan menggunakan anggaran Kementerian ESDM. program PJU-TS telah dilaksanakan di 26 provinsi yang mencakup 166 kabupaten/kota dengan jumlah sebanyak 21.839 titik. Dari 21.839 titik di seluruh Indonesia tersebut, Jawa Barat mendapatkan 2.230 titik atau lebih dari 10%.

Pada tahun ini, akan dibangun sekitar 21.000 titik PJU-TS di seluruh Indonesia. Jawa Barat akan mendapatkan tambahan 2.400 titik PJU-TS. “Pemerintah menaruh perhatian besar ke Jawa Barat mengingat warga Jawa Barat ini jumlahnya besar sekali. Di Kabupaten Bogor saja ada 5,8 juta,” ungkap Jonan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan 900 titik PJU-TS tersebut akan didayagunakan di 176 Desa di 30 Kecamatan yang ada.

“Sebagaimana diketahui, selain bermanfaat dalam meningkatkan kenyamanan dan ketenangan masyarakat dalam beraktifitas, efisiensi penggunaan dana daerah karena tidak perlu membayar listrik ke PLN. PJU-TS juga dapat menurunkan angka kriminalitas,” katanya.

Original Source

Related posts

Leave a Comment