Kementerian BUMN : PLN siapkan global bond

KONTAN.CO.ID –JAKARTA. Makin banyak perusahaan BUMN yang berencana menerbitkan global bond. Kali ini, perusahaan setrum milik pemerintah, PT Perusahaan Listrik Negara disebut akan mengambil langkah serupa.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo belum bisa memastikan nilai emisi dari global bond ini. Namun ia memperkirakan PLN berencana menerbitkan obligasi global dengan nilai emisi sekitar US$ 1 miliar.

Baca Juga

Bahkan Gatot menyebut, PLN akan merealisasikan aksi ini sebelum langkah serupa dari PT Garuda Indonesia yang sudah mengumumkan rencana penerbitan global bond belum lama ini.

“Rencananya di Mei 2018 ini. Karena PLN memerlukan (dana) ini sehingga mungkin lebih dahulu daripada Garuda Indonesia. Jadi, PLN duluan bulan depan,” kata Gatot, Minggu (22/4).

Di sisi lain, Gatot bilang penerbitan obligasi global dari Garuda Indonesia masih menunggu kondisi pasar.

Kementerian BUMN berharap emisi tersebut bisa memeroleh cost of fund yang lebih kompetitif.

Rencana penerbitan obligasi global dari Garuda Indonesia punya nilai emisi hingga US$ 750 juta. Dalam prospektus perseroan ada empat investment bank yang telah ditunjuk maskapai tersebut, yakni Australia and New Zealand Banking Group, Bank of Tokyo Mitsubishi, Deutsche Bank, dan Standard Chartered Bank.

Dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk reprofiling utang Garuda Indonesia sehingga proporsi utang jangka panjang tidak akan lebih kecil dibandingkan dengan proporsi pinjaman jangka pendek.

Reporter: Tendi Mahadi

Editor: Herlina Kartika

PLN

Related posts

Leave a Comment