Korut Akan Hentikan Program Nuklir

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. – Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Korea Utara akan segera menangguhkan percobaan nuklir dan misilnya. Selain itu, mereka juga akan menutup situs percobaan nuklir dan melangkah menuju perdamaian dan pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disiarkan oleh media nasional Korea Utara seiring rencana Konferensi Tingkat Tinggi dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

“Pemimpin Korut Kim Jong Un menyampaikan bahwa Korut tidak lagi membutuhkan percobaan nuklir maupun misil balistik interkontinental karena tujuannya telah tercapai dalam pengembangan senjata nuklir,” tulis Korean Central News Agency (KCNA) seperti dilansir Reuters, Sabtu (21/4/2018).

Korea Utara juga menyatakan ingin membangun lingkungan internasional yang menguntungkan untuk perekonomian. Oleh karena itu, Korut akan membangun hubungan baik dan dialog aktif dengan negara-negara tetangganya serta komunitas internasional.

Adapun ini merupakan yang pertama kalinya Kim Jong Un menegaskan posisinya dalam program senjata nuklir Korut menjelang KTT.

KTT dengan Presiden Korsel Moon Jae-in akan diselenggarakan pekan depan dan KTT dengan Presiden AS Donald Trump akan dilakukan pada akhir Mei atau awal Juni.

Pengumuman ini pun dipandang sebagai keseriusan Kim Jong Un dalam pembicaraan denuklirisasi dengan AS dalam KTT nantinya.

“Lahan percobaan nuklir utara di Korut akan dibongkar untuk menjamin transparansi bahwa mereka tidak akan melanjutkan percobaan nuklir tersebut,” tambah KCNA.

Adapun daerah yang bernama Pyunggye-ri di utara Korut merupakan satu-satunya tempat yang diketahui sebagai lahan percobaan nuklir, di mana semua dari enam percobaan nuklir sempat dilakukan, termasuk yang percobaan terbaru dan terbesar pada September 2017 silam.

Tag : korea utara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Related posts

Leave a Comment