Rapat kerja BPPI Kemperin bahas implementasi industri 4.0

KONTAN.CO.ID –JAKARTA. Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemperin) menggelar rapat kerja tahun 2018 di Bogor pada Senin (23/4) hari ini. Dalam rapat tersebut dibahas langkah strategis Kementerian Perindustrian untuk mendorong peningkatan daya saing Indonesia terutama melalui peluang dari implementasi Industri 4.0.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Ngakan Timur Antara mengatakan upaya yang harus dibangun adalah penguatan inovasi bagi sektor industri. Langkah ini perlu kolaborasi dengan seluruh stakeholder.

Ngakan berharap, melalui rapat kerja ini, tercipta keselarasan dalam arah pengembangan industri khususnya di bidang inovasi teknologi yang akan berperan dalam peningkatan produktivitas industri nasional. “Menurut para cendekia, istilahnya adalah technology will always win,” ungkapnya dalam keterangan pers, Senin (23/4).

Salah satu agenda pada rapat kerja tersebut adalah forum diskusi dengan mengundang perwakilan dari pihak kementerian dan lembaga terkait, pemerintah daerah, perusahaan dan asosiasi industri, serta akademisi. “Kami juga berharap, di kegiatan ini akan lahir ide-ide out of the box ataupun pemikiran dan saran-saran yang membangun terkait penerapan teknologi Industri 4.0, sehingga dapat mendukung program prioritas dalam memacu pertumbuhan industri nasional,” papar Ngakan.

Reporter: Eldo Christoffel Rafael

Editor: Herlina Kartika

MANUFAKTUR

Related posts

Leave a Comment