Amien Rais: Mustahil Poros Ketiga akan Terbentuk, Ini Penjelasannya


KRICOM – Terbentuknya koalisi untuk Pilpres 2019 semakin terlihat. Sebut saja dua poros yang sudah terbentuk di antaranya Poros PDIP dengan koalisinya Partai Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, serta poros kedua yang beranggotakan Partai Gerindra, PAN, dan PKS.

Sedangkan beberapa partai seperti Demokrat belum menentukan sikap akan bergabung ke poros mana atau disebut-sebut akan membentuk poros baru alias poros ketiga.

Menanggapi hal ini Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut poros ketiga mustahil terbentuk.

“Jadi sekarang gambarannya Pak Jokowi didukung oleh PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura dan lain-lain. Ketika kemudian ada yang bilang siapa tahu ada poros ketiga, itu hampir mustahil ya,” ujar Amien di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018).

Baca Juga : Tunjuk foto Jokowi, Amien Rais: Itu Elektabilitasnya Going Down

Menurutnya, hal ini dikarenakan partai yang mendapat 20 persen kursi di DPR rata-rata telah bergabung dengan poros PDIP maupun poros Gerindra, maka sulit untuk mengadakan pembentukan poros ketiga.

“Alasannya yang nomplok di Pak Jokowi sudah setengah partai, tinggal berapa partai yang belum. (Yang lainnya) Gerindra, PAN, PKS. Tetapi sepertinya belum tau sekarang,” sambungnya.

“Nah kalau misalnya ada 1 partai kan harus 20 persen. Jadi wacana poros ketiga itu tidak ada. Saya bisa keliru tapi menurut saya akhirnya hanya 2 partai (atau poros),” tutup pria yang disebut tokoh reformasi ini.

Related posts

Leave a Comment