Polda Metro Upayakan Syuting Film Bom Thamrin Tak Bikin Macet


KRICOM – Sineas film berjudul ’22 Menit’ sedianya akan melangsungkan proses syuting di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2018), dan Minggu (29/4/2018) besok.

Namun, syuting tersebut, dianggap tidak akan memunculkan arus kemacetan di sekitaran Jalan Sudirman-Thamrin yang notabene bersinggungan dengan kawasan Sarinah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono mengakui, bahwa ada rencana dari para sineas film ’22 Menit’ yang berencana menggunakan kawasan Sarinah untuk keperluan syuting. Namun, kawasan yang dipakai untuk proses syuting bukan di tengah jalan.

Setidaknya masih ada dua kali lagi kegiatan syuting film Tragedi Bom Sarinah. Sehingga, arus lalu lintas di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, akan kembali dialihkan saat kegiatan syuting dilakukan.

“Kan ada Starbucks-nya, tidak di tengah jalan terus, kan tidak,” kata Argo saat dikonfirmasi, Selasa (24/4/2018).

Argo menjamin, arus lalu lintas Jalan Sudirman-Thamrin tidak terdampak proses syuting. Bahkan, proses syuting itu tidak menganggu jalannya laju bis Transjakarta. “TransJakarta-nya tetap beroperasi. Jalan kayak biasanya,” lanjut dia.

Meski menjamin proses syuting tidak menganggu, polisi memikirkan langkah antisipasi. Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas, jika kemacetan terjadi saat proses syuting.

“Rekayasanya bisa buka tutup atau contra flow. Kemudian kan ada dua jalur,” papar dia.

Baca Juga : Bakal Ada Syuting Film Tragedi Bom Thamrin, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Nantinya, antisipasi pengalihan arus tersebut yakni kendaraan dari Jalan Sudirman dialihkan melalui Bundaran HI menuju ke kiri melewati Jalan Kebon Kacang. Selain itu, pengendara dari Jalan Sudirman dialihkan belok ke kanan, kemudian melalui Jalan Sutan Syahrir atau Jalan Imam Bonjol.

Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Fachruddin menuju Jalan KH Wahid Hasim tidak bisa belok kanan atau kiri menuju Jalan MH Thamrin. Kendaraan dialihkan lurus ke Jalan KH Mas Mansyur.

Lalu, kendaraan dari Jalan H Agus Salim menuju Jalan KH Wahid Hasyim juga langsung lurus menuju Jalan H Agus Salim.

Selain itu, kendaraan dari Jalan Wahid Hasyim menuju ke Jalan Thamrin, dibelokkan ke kiri atau ke kanan melalui Jalan H Agus Salim.

Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih menuju baik dari Tanah Abang maupun dari Jalan Sabang diarahkan lurus ke Jalan Keboh Sirih dan tidak bisa belok ke kiri atau kanan menuju Jalan MH Thamrin arah Sarinah.

Kendaraan dari Monas menuju Bundaran HI dialihkan belok ke kiri melalui Jalan Kebon Sirih.

Sebagai catatan, film ’22 Menit’ menceritakan tragedi Bom Thamrin yang terjadi pada 14 Januari 2016. Sineas film ini menjalin kerjasama dengan Polri untuk pembuatan film.

Related posts

Leave a Comment