Usung 'The Power of Emak-Emak', Sandi Ingin Tambah Camat Perempuan di Jakarta


KRICOM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengomentari soal Keterwakilan Camat Perempuan yang sangat minim, yakni hanya 1 dari 44 total keseluruhan camat yang ada di DKI Jakarta.

Untuk itu, pemprov akan mendorong pegawai wanita yang mempunyai potensi untuk bisa duduk di bangku Camat.

“Saya tidak tahu berapa idealnya. Tapi kalau 1 dari 44 ya kurang bangetlah. Itu cuma camat Cipayung saja yang perempuan. Kita ingin mendorong camat yang baik-baik, yang perempuan-perempuan yang berprestasi ini, khususnya juga memperingati hari Kartini kemarin, diberikan kesempatan untuk berprestasi,” ujarnya di Balai Kota, Senin (23/4/2018).

Menurut Sandi, sejak awal ia dan Gubernur Anies Baswedan menjabat di DKI Jakarta belum pernah dilakukan proses rotasi, maka penambahan Camat perempuan adalah salah satu yang akan dilakukan dalam rotasi tersebut.

Baca Juga : Sandi Pastikan Pemprov Tanggung Seluruh Biaya Korban Kebakaran Kapal Dishub DKI

“Ini kan belum rotasi dari awal kami menjabat. Jadi kita nanti lihat bagaimana Pak Aspem, asisten pemerintahan mendorong juga bagaimana keterwakilan dari perempuan, bukan hanya keterwakilan ya. Tapi memang perempuan hebat, perempuan mandiri, the power of emak-emak, the power of ibu-ibu harus hadir di wilayah DKI Jakarta ini,” jelasnya.

Meski rotasi akan difokuskan untuk eselon 2 (Kepala Dinas), namun Lurah dan Camat akan mengalami proses rotasi selanjutnya.

“Kalau ini, justru kita fokus yang pertama di eselon dua dulu. Setelah itu nanti (lurah-camat). Ini pemikiran awal. Dan (kegiatan) ini bagian dari peningkatan kapasitas diri mereka,” pungkas orang nomor 2 di Jakarta ini.

Related posts

Leave a Comment