Dialog damai Yaman akan dimulai pada Kamis di Swedia

Murad Erifi

SANAA

Perundingan perdamaian yang ditengahi PBB antara pemberontak Houthi dan pemerintah Yaman akan dimulai pada Kamis di Swedia, seorang pejabat Houthi mengatakan, Selasa.

“Dialog akan dimulai pada Kamis, kecuali jika ada beberapa perubahan,” Hamid Asem mengatakan kepada Anadolu Agency saat sedang bersiap untuk terbang ke Swedia di Bandara Internasional Sanaa.

Dia mengungkapkan harapannya bahwa dialog itu akan menghasilkan pemahaman antara kedua belah pihak dengan ketentuan bahwa Arab Saudi dan AS akan menyetujui penghentian perang.

Seorang sumber di Bandara Internasional Sanaa mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa negosiator Houthi terbang dari Sanaa ke Stockholm dengan pesawat Kuwait Airlines bersama utusan khusus PBB untuk Yaman Martin Griffith.

Perwakilan dari pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan pemberontak Houthi akan bertemu di Swedia pekan ini untuk pembicaraan damai yang ditengahi oleh PBB, yang bertujuan untuk mengakhiri konflik di negara itu.

Yaman didera kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar wilayah negara, termasuk ibu kota, Sanaa.

Konflik meningkat pada 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Arabnya meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman untuk menggulingkan kekuasaan Houthi.

Menurut PBB, hingga saat ini, puluhan ribu orang diperkirakan tewas, sementara sekitar 14 juta orang atau setengah dari total populasi negara itu berada dalam risiko kelaparan.


Related posts

Leave a Comment