PM Lebanon terima kunjungan delegasi Hamas

Wassim Samih Seifeddine, Said ─░bicio─člu

BEIRUT

Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri menerima kunjungan delegasi Hamas yang menjadi anggota parlemen Palestina.

Delegasi tersebut dipimpin anggota Parlemen Palestina dan anggota Biro Politik Hamas Mahmud al-Zahhar.

Dalam pertemuan itu, Hariri dan para pejabat Palestina membicarakan kondisi pengungsi dan upaya mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza.

Al-Zahhar menyatakan Lebanon berada di samping bangsa Palestina karena melakukan banyak langkah yang mendukung rakyat Palestina.

Lebanon berhasil mendapatkan dukungan finansial internasional untuk memperbaiki kondisi kehidupan pengungsi Palestina di sana.

Delegasi Palestina juga bertemu dengan Ketua Parlemen Lebanon Nabih Berri di Beirut. Kedua pihak membahas hubungan kedua negara.

Delegasi Hamas dari Parlemen Palestina itu akan mengunjungi sejumlah negara untuk membahas dukungan untuk Palestina.

Lewat sebuah pernyataan, Hamas mengatakan kunjungan luar negeri ini dimaksudkan agar negara-negara lain – khususnya negara Arab dan Islam – mendapatkan informasi terkini soal Palestina.

“Kunjungan itu juga bertujuan memobilisasi kekuatan bangsa dan dunia untuk melanjutkan dukungan mereka bagi rakyat Palestina dalam menghadapi pendudukan Israel yang didukung Amerika Serikat,” kata pernyataan itu.

Delegasi Hamas juga mengunjungi kamp-kamp pengungsi Palestina yang berada di Lebanon.

Sebelum mengunjungi Lebanon, delegasi Hamas telah mengunjungi Turki dan Afrika Selatan bulan lalu.

Mahmoud al-Zahar, kepala blok parlemen Hamas, mengungkapkan pada Anadolu Agency bahwa kunjungan luar negeri itu bertujuan “melegitimasi Dewan Legislatif Palestina (parlemen)”.

Sejak tahun 2007, Dewan Legislatif Palestina tak berfungsi sebagaimana mestinya karena perbedaan politik mendasar antara Hamas (yang mengendalikan Jalur Gaza) dan Fatah (yang mengontrol pemerintahan Palestina di Tepi Barat).


Original Source

Related posts

Leave a Comment