Trump: Kesepakatan Iklim Paris “sangat buruk”

Servet Gunerigok

WASHINGTON

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa menyebut kesepakatan iklim Paris “sangat buruk”.

“Saya senang rekan saya @EmmanuelMacron dan para demonstran di Paris setuju dengan kesimpulan yang saya capai dua tahun lalu,” kata Trump lewat Twitter.

“Kesepakatan Paris cacat karena membebani negara-negara yang bertanggung jawab dengan harga energi yang tinggi sementara menutup-nutupi kesalahan para pencemar udara dunia,” tandas dia.

“Saya ingin udara bersih dan air bersih dan telah membuat langkah besar dalam memperbaiki lingkungan Amerika. Namun saya keberatan jika warga Amerika harus mengeluarkan uang untuk membersihkan polusi negara-negara lain,” tambah presiden AS.

Sejak 17 November, ribuan demonstran yang mengenakan rompi kuning berkumpul di kota-kota besar Prancis, termasuk Paris, untuk memprotes kenaikan pajak bahan bakar dan memburuknya situasi ekonomi di Prancis.

Menanggapi aksi tersebut, Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengatakan pemerintah telah mencegah kenaikan harga bahan bakar untuk menenangkan para demonstran.

Pada Juni 2017, Trump mengumumkan bahwa AS menarik diri dari Kesepakatan Iklim Paris, sebuah perjanjian internasional yang bertujuan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kemudian pada Oktober tahun ini, dia menuding para ahli klimatologi memiliki “agenda politik”.


Related posts

Leave a Comment