Usai penembakan, proyek Trans Papua segmen kelima dihentikan sementara

Nicky Aulia Widadio

JAKARTA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghentikan sementara pembangunan jembatan di segmen kelima Trans Papua di ruas Wamena-Mamugu setelah insiden penembakan para pekerja PT Istaka Karya Senin.

Proyek akan dihentikan hingga ada rekomendasi keamanan dari TNI dan Polri.

“Dengan kejadian tadi pagi, seluruh pekerjaan kita hentikan. Yang di ruas ini kita hentikan semua, dari Mamugu sampai Wamena sambil menunggu kondisi kondusif di wilayah sesuai rekomendasi Bapak Panglima Kodam dan Kapolda,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa.

Jalan Trans Papua dibangun oleh PUPR untuk jalur logistik menuju Wamena. Selama ini logistik dipenuhi lewat jalur udara.

Ada total 35 jembatan yang sedang dibangun di Trans Papua ruas Mamugu-Wamena.

PT Istaka Karya (Persero) bertugas membangun 14 jembatan, sedangkan PT Brantas Abipraya (Persero) bertugas membangun 21 jembatan.

Penembakan terjadi di lokasi pembangunan jembatan yang dikerjakan Istaka Karya di dekat Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga.

Basuki menuturkan area ini justru sebelumnya dianggap aman.

Kawasan yang dinilai rawan justru di area yang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya dan perusahaan itu telah menghentikan pembangunan jembatan sejak lima bulan lalu atas rekomendasi pihak keamanan.

“Yang di kawasan Istaka itu kilometer 103 di Kali Yigi dan Kali Aurak sebetulnya sudah aman. Sosialisasi pekerja di sana sangat baik dengan warganya sehingga mereka sudah menyatu. Bahkan menurut informasi yang saya terima, warga menjamin keamanan para pekerja Istaka Karya itu,” jelas Basuki.

Basuki juga menjanjikan kejadian ini tidak akan mengganggu progres pembangunan Trans Papua secara keseluruhan.

Pembangunan Trans Papua akan kembali dilanjutkan setelah situasi kondusif.

“Kita akan jalan terus, tetapi pasti ada tindakan lanjut oleh aparat keamanan untuk memenuhi keadilan sosial bagi seluruh rayat Indonesia. Untuk logistik dari Mamugu ke Wamena ini sudah mulai turun harganya, apalagi kalau jembatannya selesai,” kata Basuki.


Related posts

Leave a Comment