Pers Harus Menyajikan Fakta Jangan Jadi Alat Penguasa

Portaldailynet, Jakarta- Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tahun secara bergantian. Pada tahun ini, Surabaya menjadi tuan rumah untuk rapat dan peringatan hari pers nasional, dengan tema ‘penguatan ekonomi kerakyatan berbasis digital’. Acara ini diadakan di salah satu mal besar yakni Grand City Mall Surabaya. Dalam pesta pers ini, banyak yang dapat mendukung mulai dari kementerian, BUMN, dan UMKM dalam pengembangan ekonomi berbasis digital. Acara tahun ini diramaikan oleh kurang lebih 60 stand.

Legislator PAN di DPRD Provinsi Jawa Timur, Suli Da’im berharap pers di Indonesia menjadi bagian penyeimbang pada penguasa.

“Semoga menjadi bagian penyeimbang pada penguasa dalam memberikan edukasi pada masyarakat akan Informasi yang sebenarnya,” kata Suli Da’im dalam refleksi Hari Pers Nasional, Sabtu (9/2/2019).

Selain itu Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim ini juga mengharapkan agar pers tetap Istiqomah.

“Pers harus selalu Istiqomah dalam menjadi pilar bangsa saat ini,” imbuhnya.

Suli juga menyampaikan bahwa pers seharusnya tidak menjadi bagian dari penguasa di Indonesia.

“Kami juga berharap pers bukan menjadi alat penguasa,” harapnya.

Bila kita amati pers sekarang cenderung menjadi alat penguasa, menyajikan informasi-informasi yang menguntungkan penguasa namun  rakyat tidak dapat informasi yang akurat dan terpercaya atas kejadian yang sebenarnya dilapanagan.

Banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi luput dari pemberitaan, namun karena derasnya media sosial peristiwa itu begitu cepat beredar melalui gambar/ video amatir dari para netizen.

Semoga pers bisa menjunjung tinggi kode etiknya, sehingga bisa menyajikan informasi yang terpercaya,tidak ditekan oleh pemilik modal ataupun oleh penguasa.

( Fr )

Related posts

Leave a Comment