10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!

Siapa bilang, anak muda cuma bisa nongkrong di cafe berjam-jam. Explore makanan enak sampai foto untuk diunggah di sosial media saja? Cafe memang menjadi tempat yang tidak asing bagi para millennial. Mungkin semua kalangan, menjadikan cafe sebagai persinggahan dan tempat bersosialisasi dengan rekan mereka. Ya, karena suasana yang bisa disesuaikan dengan trend sampai juga kebutuhan masyarakat.

Coffee shop adalah salah satu bisnis yang menjanjikan bagi anak muda. Sehingga mereka tak hanya menghabiskan uang untuk jajan, tapi juga menghasilkan uang dari coffee shop tersebut. Tak mudah memang jika kita mendirikannya sendirian, namun jika berkolaborasi dengan teman atau kerabat, bisa jadi memiliki coffee shop impian bisa terwujud.

Untuk pemula, tentu ada banyak ide yang sudah bisa diterapkan untuk coffee shop yang akan dibangun. Banyak ide mulai dari yang simple, budget minim sampai yang sangat mewah. Tinggal pilih, bisa juga seperti beberapa ide di bawah ini:

1. Cari nama yang unik
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!design-milk.com

Apalagi yang harus dipikirkan pertama dari kegiatan bisnismu selain nama. Ya segera pikirkan nama coffee shop yang sesuai denganmu. Kamu bebas berkreasi menentukan mau pakai nama apa, bahasa apa, dengan filosofi apapun. Nama tidak hanya akan dipajang di depan coffee shopmu. Tapi juga akan menjadi magnet yang menarik banyak pengunjung ke cafemu.

Buatlah sosial media untuk mempromosikan coffee shop itu. Dengan nama yang sudah ada, kamu tidak perlu lagi ragu mematenkannya. Jika sudah, kamu bisa tenang dan fokus mengembangkan bisnismu ini.

2. Manfaatkan ruang kecil
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!boredart.com

Membangun coffee shop bagi pemula tak harus menggunakan ruangan yang besar dan luas. Bahkan tidak juga harus menyeea tempat yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan ruang kecil untuk membangun coffee shop impianmu. Konsep yang unik terkadang lebih menjadi daya tarik bagi pengunjungmu.

Ruangan kecil pun kini semakin membuat penggemar kopi dan makanan ringan ingin mengunjunginya. Terkadang pelanggan tak butuh ruang luas untuk berkumpul bersama teman-teman. Keintiman waktu saat bertemu yang menjadi daya tarik bagi mereka. Coffee shop bentuk studio mini pun oke bagi pemula.

3. Konsep rustic jadi idola
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!lovetoshare.nl

Tak masalah menggunakam konsep yang sudah ada. Justru ini memudahkanmu dalam menarik minat pelanggan. Tema rustic yang masih menjadi idola sangat menarik perhatian dengan warna-warna terang yang digunakan.

Ornamen alami yang dipakai sampai suasana yang seolah membuat pembeli merasa rileks saat berada di dalamnya. Tak perlu barang mewah nan elegan, cukup kursi sederhana dan tembok motif batu bata sudah bikin pembeli betah.

4. Tema industrial jadi tempat kolaborasi

10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!Pinterest.com

Jika rustic menarik perhatian karena warnanya yang cerah. Maka tema industrial cocok untuk dijadikan konsep bagi coffee shop yang juga difungsikan bagi coworking space, atau tempat kerja bersama.

Di era kolaborasi seperti saat ini, coworking space dan cafe sudah menjadi satu. Kebiasaab berkolaborasi anak millenial dan hobi ngafe, dijadikan peluang yang sangat menjanjikan bagi para pemula yang akan membangun bisnis ini. Kamu bisa menawarkan kepada mahasiswa atau pekerja kantoran maupun startup untuk berkunjung sekaligus bekerja di coffee shopmu.

5. Posisi kursi yang menarik pengunjung
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!behance.net

Tahukah kamu, penempatan perabot di dalam cafe juga menjadi daya tarik bagi pelanggan. Salah satunya penataan kursi. Jika cenderung kaku dan formal, anak millenial tentu akan sulit menyesuaikan. Mereka suka dengan suasana yang bebas, misalnya saja jika kursi dan meja dihadapkan langsung ke arah luar cafe.

Lanjutkan membaca artikel di bawah
Editors’ picks5 Zodiak Cewek yang Terlalu Percaya, Mudah Dikelabuhi Cowok NihBaru Saja Melahirkan Anak Pertamanya, Ini Nama Putra Nabila Hatifa9 Inspirasi Prewed Tema Dark Eksentrik ala Risa Saraswati & Dimasta

Di balik kaca mereka bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan atau lalu lalang orang dan kendaraan yang lewat. Tak harus bersama teman, tempat ini seolah juga cocok untuk mereka yang sedang ingin sendiri.

Baca Juga: Buka Cafe Versimu dan Lihat Seberapa Kaya Dirimu Nanti!

6. Taman indoor gak cuma jadi tempat berteduh
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!homelysmart.com

Jika kamu berada di daerah yang cukup panas, maka tidak ada salahnya memberikan kesan sejuk di dalam cafe dengan menambahkan beberapa tanaman hias. Dalam pot atau yang digantung pun bisa menjadi daya tarik sekaligus memberi kesan dingin bagi pengunjung.

Kesan alam ini bisa disesuaikan dengan perabot yang menggunakan bahan dari alam, seperti meja kayu, lantai dan tembok kayu pun juga oke.

7. Miliki menu andalan
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!forageddish.com

Hampir semua coffee shop memiliki menu yang sama. Sebab bagaimanapun menu utama mereka adalah sajian kopi dan beberapa jenis pastry. Namun bukan tidak mungkin kamu memiliki menu andalan yang bisa menjadi pembeda dari yang lainnya.

Uji coba saja setiap ide yang kamu punya. Jika berhasil dan testeemu menyukainya maka luncurkan saja menu itu. Berikan promo di awal agar banyak yang mencoba dan merekomendasikan kepada teman mereka.

8. Ciptakan packaging yang berkesan
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!weheartit.com

Ada menu andalan tentu ada pula yang membedakan dan menjadi keunikan coffee shopmu. Salah satunya yaitu packaging untuk makanan ataupun minuman bagi pengunjung yang ingin membawanya pulang.

Sebab, tidak jarang mereka mampir bukan untuk duduk lama, tapi karena suka dengan menumu dan ingin menikmatinya di kantor, perjalanan maupun rumah. Jika kamu memiliki packaging yang unik untuk makanan dan minuman yang kamu tawarkan, mereka pun akan terkesan dan tidak ragu merekomendasikan kepada orang lain.

9. Gunakan sudut ruang untuk hiasan
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!wotomotive.com

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di coffee shopmu. Kamu bisa mengexplore banyak idemu untuk diterapkan di cafe ini. Seperti salah satunya meletakkan barang hasil koleksimu selama ini. Mau yang unik ataupun yang kekinian, kamu bisa menjadikan barang tersebut sebagai pajangan di coffee shopmu.

Misalnya saja gelas antik, lukisan indah, mobil mobilan tua sampai robot yang yang sukai. Dijamin deh, akan ada satu atau dua pengunjungmu yang juga menyukainya. Berbagi kesenangan dan sharing hobi bisa jadi dilakukan di coffee shopmu ini.

10. Selalu sediakan spot foto kece
10 Ide Membangun Coffee Shop untuk Pemula, Pecinta Kopi Wajib Coba!w0lfteeth.tumblr.com

Nah, bukan anak millenial namanya jika tidak pergi ke cafe untuk berfoto ria. Sosial media seperti Instagram masih menjadi tempat mereka menunjukkan siapa diri mereka dan kemana saja mereka pergi. Termasuk coffee shopmu yang akan muncul di dalam akun mereka.

Ciptakan suasana yang sesuai dengan konsep coffee shopmu. Letakkan barang-barang yang sesuai dan biarkan mereka mengexplore diri untuk berfoto dan mengunggahnya di sosial media. Kamu justru semakin bersyukur, sebab mereka adalah salah satu agen kita untuk mempromosikan coffee shop ini.

Baca Juga: 7 Tips Bikin Kartu Nama yang Kece Antimainstream Buat Pebisnis Muda

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Original Source

Related posts

Leave a Comment