5 Langkah Mudah Berolahraga Saat Bulan Puasa

Selama berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur. Hal ini penting, terutama bagi Anda yang memang terbiasa melakukan olahraga. Berolahraga saat berpuasa tidaklah sulit jika sejak awal Anda bisa melakukan penyesuaian dengan kegiatan puasa Anda.

Sisihkan waktu di sela-sela kegiatan pada saat berpuasa. Melakukan olahraga 3-4 jam setelah berbuka bisa jadi pilihan. Atau pilih waktu yang paling tepat saat kondisi tubuh Anda memang benar-benar siap untuk melakukan olahraga.

2. Biasakan Tubuh Beradaptasi dan Lakukan Olahraga Ringan

Saat berpuasa, jangan melakukan olahraga secara mendadak dan berubah dengan tiba-tiba. Sebab hal ini bisa saja berdampak tidak baik. Sebaiknya lakukan tahap-tahap olahraga yang ringan terlebih dahulu dan dalam durasi waktu yang tidak terlalu lama.

Saat berpuasa, tubuh mengalami perubahan metabolisme, sehingga penting untuk menyesuaikan porsi olahraga yang dilakukan. Pastikan Anda memiliki pola yang tepat dan telah mempraktikkannya sebelumnya. Anda bisa memilih pola berolahraga yang tepat, misalnya 2 atau 3 kali dalam sepekan dan lakukan olahraga ringan.

3. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Bukan hanya porsi dan waktunya saja yang penting diperhatikan, namun melakukannya secara rutin juga sangat diperlukan. Hal yang satu ini juga harus Anda sesuaikan sejak awal, agar tidak mengganggu aktifitas puasa dan juga berbagai rutinitas yang lain. Tidak harus dengan durasi yang lama untuk berolahraga, cukup dengan beberapa menit saja asalkan tetap bisa berolahraga.

4. Tunjang Olahraga dengan Makanan SeimbangIlustrasi menu gizi seimbang untuk Ramadan. Gizi seimbang harus dipenuhi selama berpuasa agar tubuh tetap terhidrasi dan kuat beraktivitas. (independent)

Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memang mengonsumsi makanan bernutrisi tepat dan seimbang. Hal ini penting, untuk menjamin kesehatan dan juga kebugaran tubuh selama menjalani masa puasa selama sebulan penuh.

Konsumsilah makanan-makanan yang tepat dalam jumlah yang juga sesuai, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, dan yang lainnya. Selain membuat puasa lancar, makanan yang yang tepat tentu akan membuat tubuh sehat dan tetap bugar. Jika makanan sehat, juga akan lebih ringan melakukan olahraga.

5. Olahraga Bugar dengan Waktu Tidur yang Cukup

Olahraga akan membuat tubuh fit selama berpuasa. Namun hal ini tidak akan bisa dicapai, jika Anda tidak memiliki jam tidur yang mamadai. Kurang tidur akan membuat tubuh lemas dan tidak memiliki tenaga yang cukup untuk beraktifitas.

Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk untuk berbagai pekerjaan yang Anda tangani di kantor. Saat Anda tidak bisa berkonsentrasi, maka produktivitas tentu akan menurun dengan tajam. Hindari berbagai masalah ini dengan cara yang tepat, yakni dengan memiliki jam tidur yang cukup, antara 6 atau 8 jam per harinya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

  • olahraga
  • manfaat olahraga
  • ramadan 2019. puasa ramadan
  • cara berolahraga

Berita Menarik Lainnya

Prediksi Brighton vs Man City: Berharap Sentuhan Midas Kun Aguero

Catat Daftar Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Pembunuhan Sadis di Tanah Merah Kenjeran, Polisi Masih Temui Jalan Buntu

Prediksi Liverpool vs Wolverhampton: Si Merah Tak Luntur Keyakinan

Ditjenpas Cari Napi Provokator Kerusuhan di Rutan Siak

Rekomendasi

Catat Daftar Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

12 Mei 2019, 11:47:54 WIB Catat Daftar Makanan Wajib Bagi Ibu Hamil Saat Berpuasa

Prediksi Liverpool vs Wolverhampton: Si Merah Tak Luntur Keyakinan

12 Mei 2019, 11:43:00 WIB Prediksi Liverpool vs Wolverhampton: Si Merah Tak Luntur Keyakinan

Ditjenpas Cari Napi Provokator Kerusuhan di Rutan Siak

12 Mei 2019, 11:41:12 WIB Ditjenpas Cari Napi Provokator Kerusuhan di Rutan Siak

8 Manfaat Minum Jus Bayam Campur Jahe Untuk Kesehatan

12 Mei 2019, 11:16:17 WIB 8 Manfaat Minum Jus Bayam Campur Jahe Untuk Kesehatan

Strategi Kemenhub Hadapi Puncak Arus Mudik 2019 di Merak-Bakauheni

12 Mei 2019, 10:53:40 WIB Strategi Kemenhub Hadapi Puncak Arus Mudik 2019 di Merak-Bakauheni

© PT Jawa Pos Grup Multimedia

RedaksiAbout UsPedoman Media SiberPrivacy PolicyWork With UsJawa Pos CorporateDigital Ads
  • Original Source

    Related posts

    Leave a Comment