Amankan Tabligh Akbar PA 212, Polresta Surakarta Kerahkan 2.300 Personel

Merdeka.com – Polresta Surakarta akan menerjunkan 2.300 personel gabungan untuk mengamankan kegiatan Tabligh Akbar Persaudaraan Alumni 212 di Kota Solo pada Minggu (13/1). Ribuan personel tersebut berasal dari Polresta Surakarta, Brimob Polda Jawa Tengah, TNI dan Polres jajaran.

BERITA TERKAITPolisi Sarankan Dua Muncikari Artis yang Masih Buron Menyerahkan DiriRibuan Pekerja Hero Supermarket Demo Tolak Pemecatan SepihakKasus Gratifikasi, KPK Periksa Bupati Malang Nonaktif

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan di Kota Solo pada Minggu pagi. Kegiatan tersebut akan melibatkan massa yang cukup banyak, sehingga perlu pengamanan khusus.

“Untuk mengantisipasi agar Kota Solo tetap aman, nyaman dan kondusif kita menggelar kekuatan penuh. Di-back-up oleh Brimob Polda Jawa Tengah, TNI, Dalmas Polda Jawa Tengah dan Polres Polres jajaran. Ada 2.300 personel yang akan kita turunkan,” ujar Ribut seusai memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Kegiatan Masyarakat, di Stadion Manahan, Solo (12/1).

Kapolresta menerangkan, ribuan personel tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik strategis. Hal tersebut untuk memastikan Kota Solo aman, nyaman dan kondusif.

“Kita melakukan pengamanan secara humamis, secara simpatik, tidak menggunakan senjata api. Kita akan memberikan pengamanan sebaik-baiknya, secara humanis dan simpatik,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Persaudaraan Alumni 212 Solo Raya akan memutihkan Kota Solo, Minggu (13/1) pagi. Ribuan orang akan hadir dalam acara ‘Tabligh Akbar PA 212 Solo Raya’ di Bundaran Gladag, Jalan Slamet Riyadi tersebut.

Humas Panitia Endro Sudarsono mengatakan kegiatan tersebut tidak ada kaitannya dengan politik atau dukungan terhadap salah satu partai dan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Kegiatan tersebut murni pengajian atau Tabligh Akbar untuk konsolidasi massa Alumni 212.

“Untuk kategori kampanye kita jamin tidak ada. Kita juga sanggup kepada kepolisian untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan Kota Solo,” ujar Endro kepada wartawan, Jumat (11/1).

Selain dari Kota Solo, ia mengklaim peserta juga datang dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk wilayah Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri, lanjut dia, ada kegiatan tersendiri. Untuk kegiatan tersebut, Endro mengaku telah mengirimkan surat pemberitahuan ke kepolisian.

“Kita pemberitahuan sudah ke Polda, Polres, Polsek Pasarkliwon, Dishubkominfo dan ke Kesbangpol Solo,” katanya.

Menurut rencana, sesuai slebaran yang beredar kegiatan ‘Tabligh Akbar PA 212 Solo Raya’ akan dimulai pukul 6.30 WIB. Sejumlah pembicara akan hadir, diantaranya, Ustadz Haikal Hasan, Slamet Maarif, Fadlan Garamatan, Miunudinillah Basri dan lainnya. Para peserta juga diharapkan mengenakan pakaian serba putih. [lia]

Original Source

Related posts

Leave a Comment