ANALISIS – Guaido tidak banyak tampil selama 100 hari pertamanya

Santiago Pena Aranza

BOGOTA, Kolombia

Seratus hari adalah waktu yang cukup untuk mengevaluasi pemerintahan baru dan melihat apakah pemerintah telah memenuhi janjinya.

Pada hari Rabu, presiden sementara Venezuela yang diproklamasikan sendiri, Juan Guaido, menyelesaikan 100 hari “penanggung jawab” dalam mandat yang tampaknya lebih seperti upaya untuk menjatuhkan Presiden Nicolas Maduro daripada memerintah negara secara efektif.

Guaido lebih menonjol karena janjinya akan perubahan di Venezuela daripada kemampuan manajemennya yang sebenarnya sebagai kepala negara.

100 hari pertama

Guaido, seorang yang tidak dikenal dalam politik Venezuela, menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada 23 Januari dan memenangkan dukungan dari negara-negara besar termasuk AS serta negara-negara Grup Lima, memperjelas bahwa itu adalah bagian dari strategi yang didukung untuk menggulingkan Maduro.

Sementara Rencana A akan memanggil komunitas internasional untuk mendelegitimasi pemerintahan Maduro dan menekan militer untuk memberontak terhadapnya, Plan B adalah intervensi militer yang dipimpin AS. Tapi yang terakhir itu hanya gertakan.

Venezuela telah diguncang oleh protes sejak Januari, ketika Maduro dilantik untuk masa jabatan kedua setelah pemungutan suara yang diboikot oleh oposisi.

Guaido menyatakan dirinya “presiden sementara” berdasarkan Pasal 231 Konstitusi. Namun, dia tidak menyerukan pemilihan 30 hari setelah tindakan karena tuntutan hukum karena tidak ada lembaga yang mengakui dia sebagai pemimpin negara kecuali Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi.

Akibatnya, dia dipaksa untuk membuat kampanye internasional untuk mengirim truk ke Venezuela dengan “bantuan kemanusiaan” pada 22 Februari dengan harapan akan menciptakan gerakan “kekuatan rakyat” dari para pendukung oposisi yang akan mendorong militer untuk berpindah pihak dan menjatuhkan Maduro, sesuatu yang tidak pernah terjadi.

Maduro mengolok-olok Guaido karena menjadi “presiden virtual” tanpa perwira, dan Guaido menanggapi dengan menunjuk eksekutif puncak untuk perusahaan minyak dan gas alam Venezuela, PDVSA, dan anak perusahaannya di AS, Citgo yang akan bekerja dari luar negeri, serta perwakilannya yang disebutnya “Duta Besar” di Organisasi Negara-negara Amerika dan di negara-negara yang mengenalnya. Namun, dia belum menunjuk kabinet menteri.

Sampai sekarang, pekerjaan Guaido lebih efektif di dalam Majelis Nasional, satu-satunya tempat di mana dia terpilih secara demokratis.

Lopez dilepas

Pada 30 April, hanya beberapa hari sebelum 100 hari pertama mandat yang diproklamasikan oleh dirinya sendiri, Guaido mengambil langkah politik keduanya: dia muncul di Pangkalan Militer La Carlota di Caracas bersama dengan pemimpin oposisi Leopoldo Lopez.

Pada 2015 Lopez dijatuhi hukuman 14 tahun penjara karena keterlibatannya dalam kekerasan yang pecah tahun sebelumnya selama demonstrasi melawan Maduro. Dia telah berada di bawah tahanan rumah sejak musim panas 2017 tetapi melarikan diri dengan bantuan Guaido.

Pembebasan Lopez hanya dimungkinkan melalui pengkhianatan sekelompok tentara dan menunjukkan bahwa mantan pemimpin Partai Kehendak Populer (Popular Will Party) juga merupakan salah satu pemain kunci yang didukung oleh pemerintah AS.

Langkah politis besar ini tidak dapat terjadi tanpa persetujuan Washington dan tanpa berkonsultasi dengan negara-negara Grup Lima.

Guaido mengulangi – lagi tanpa hasil – seruannya kepada tentara untuk berhenti mendukung pemerintah Maduro. Dia berhasil mengumpulkan antusiasme para penentang pemerintah, yang turun ke jalan, tetapi tidak dalam jumlah yang diharapkan.

Perang persekusi

Sementara pemerintah Maduro telah menderita sanksi internasional dan sabotase oleh AS dan negara-negara lain yang menginginkannya keluar dari kekuasaan, Guaido dan rekan dekatnya juga telah diberi sanksi oleh pemerintah Venezuela.

Jaksa Agung Venezuela membekukan rekening bank Guaido dan melarangnya meninggalkan negara itu, pembatasan yang belum dia selesaikan. Pengawas keuangan negara juga mendiskualifikasi dia secara politik selama 15 tahun dengan argumen bahwa perjalanannya ke luar negeri tidak diotorisasi oleh Majelis Nasional dan ada ketidakkonsistenan antara pendapatannya dan “pengeluaran yang berlebihan”.

Majelis Konstituante Nasional menghapus kekebalan parlementernya setelah keputusan Mahkamah Agung, yang membuatnya tanpa perlindungan sebelum kemungkinan penangkapan.

Lingkaran dekatnya juga telah ditargetkan. Misalnya, Roberto Marrero, salah satu kolaboratornya, dipenjara dan dituduh melakukan terorisme.

Guaido juga telah dituduh melakukan pengkhianatan, penyelewengan fungsi dan perampasan aset negara yang tidak semestinya. Ketua Jaksa Penuntut Venezuela Tarek William Saab mengatakan penangkapan bisa dilakukan “sewaktu-waktu”.

Selama pidatonya di Hari Buruh di depan ribuan pengikut, Maduro mengatakan mereka yang berada di belakang upaya kudeta akan masuk penjara “cepat atau lambat” dan itu termasuk, tentu saja, Juan Guaido.

Namun, penangkapan Guaido bisa menjadi pedang bermata dua bagi Chavismo karena meskipun presiden yang memproklamasikan diri sendiri telah melakukan hal-hal yang memungkinkan mendapat hukuman penjara, tindakan itu dapat meradikalisasi oposisi lebih jauh, menghasilkan hasil yang tidak terduga.

Untuk saat ini, sementara 100 hari pertama proklamasi diri terpenuhi, Guaido telah mengusulkan pemogokan bertahap yang akan berubah menjadi pemogokan umum, sementara Maduro meminta organisasi sosial, gubernur negara bagian dan kongres Partai Sosialis Bersatu Venezuela untuk mengusulkan ide-ide konkret yang akan mengarah pada “peningkatan kehidupan masyarakat”.

Sementara itu, upaya kudeta akan terus …

[Santiago Pena Aranza adalah ilmuwan politik di Universitas Nasional Kolombia dengan teori master dan kritik budaya dari Carlos III University of Madrid.]

* Pendapat yang dikemukakan dalam artikel ini adalah opini pribadi penulis dan tidak mencerminkan kebijakan editorial Anadolu Agency.

* Jose Baez dan Maria Paula Trivino berkontribusi pada artikel ini

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). . Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Original Source

Related posts

Leave a Comment