Antam Sabet Penghargaan Peduli Sosial di Teropong BUMN Award 2019

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) — Setelah sebelumnya berhasil menggelar Teropong Parlemen Award (TPA) 2019, portal media online Teropongsenayan.com kembali menggelar award untuk mengapresiasi kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Teropong BUMN Award (TBA) 2019.

Pemberian penghargaan Teropong BUMN Award (TBA) 2019 digelar di Ballroom 2B Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, pada Jumat (10/5/2019) malam.

Penilaian pada TBA 2019 tersebut menggunakan desk riset, yang dilakukan tim riset (Digit Survey). Selain melakukan desk riset, sistem penilaian juga menggunakan sistem penjurian yang dilakukan oleh Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics & Finance, DR. Enny Sri Hartati dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Ir. H. Achmad Hafisz Tohir.

Berdasarkan olah data dan penjurian yang telah dilakukan, setidaknya ada tujuh BUMN dari berbagai bidang yang tercatat sebagai penerima penghargaan, PT Antam Tbk salah satunya, berhasil menyabet penghargaan sebagai BUMN Peduli Sosial.

BUMN Peduli Sosial sendiri, dinilai dari aspek, yakni bantuan sosial melalui dana Corporate Responsibility (CSR), pengembangan masyarakat dan lingkungans serta bantuan pengembangan pendidikan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan sebagai BUMN Peduli Sosial dari teropongsenayan.com, sebagai bentuk pengakuan atas program pengembangan masyarakat dan bina lingkungan,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), PT Antam Tbk Luki Setiawan Suardi.

Luki mengatakan, program pengembangan masyarakat dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Antam memang difokuskan pada bidang pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, bantuan bencana alam, serta upaya pelestarian alam.

“Dalam implementasi program-program sosial tersebut, kami selalu mengedepankan komunikasi dua arah yang efektif dengan para pemangku kepentingan, secara berkelanjutan untuk memastikan program dan inisiatif yang dilakukan ANTAM sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan agenda pembangunan daerah,” katanya.

“Komunikasi ini diantaranya dilakukan melalui kegiatan communitydevelopment dan communityrelations, forum Bipartit dan Tripartit, serta musyawarah perencanaan dan lengembangan pembangunan,” imbuh Luki.

Selain itu, Luki kembali menerangkan, dibidang lingkungan, Antam juga menorehkan sejumlah pencapaian melalui komitmen mereka terhadap penerapan good mining practice, dalam pengelolaan lingkungan di sekitar wilayah sekitar operasional sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai hasilnya, perusahaan berhasil meraih tiga peringkat hijau dan tiga peringkat biru, dalam penghargaan PROPER dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLHK). Sepanjang tahun 2018, realisasi pengeluaran dibidang lingkungan tercatat sebesar Rp 114,85 miliar,” terangnya.

Tak hanya itu, menurut Luki, atas pengelolaan program tanggung jawab sosial perusahaan dan pengelolaan lingkungan yang baik, pada tahun 2018 Antam meraih penghargaan untuk kategori Program Kemitraan dan Bina Lingkungan terbaik I dalam ajang Anugerah BUMN 2018.

“Kami juga mendapatkan penghargaan Sustainability Reporting Awards (SRA) 2017 untuk kategori Commendation for Best Disclosure on CSR Master Plan,” pungkasnya. (ahm)

tag:#bumn

Original Source

Related posts

Leave a Comment