AS Terhindar Shutdown, Trump Keok Lagi

AS Terhindar Shutdown, Trump Keok Lagi - JPNN.COM

jpnn.com, WASHINGTON – Rakyat AS bisa bernapas lega karena shutdown (penghentian) parsial gelombang kedua bisa terhindar. Presiden AS Donald Trump memastikan penandatanganan anggaran jangka panjang hasil negosiasi komite kongres.

BACA JUGA: Ambisi Donald Trump dan Nestapa Warga Meksiko di Pinggir Tembok

Di sisi lain, taipan 72 tahun tersebut mengklaim dirinya tetap menang meskipun tuntutannya tak terwujud dalam rancangan anggaran itu. Anggaran tembok yang diloloskan Kongres hanya USD 1,375 miliar (Rp 19,7 triliun). Jauh dari tuntutan awal Trump, yakni USD 5,7 miliar alias Rp 80 triliun.

Menurut New York Times, kesepakatan tersebut diperoleh setelah Ketua Komite Anggaran Dewan Perwakilan Nita Lowey, politisi demokrat, menekan komite negosiasi.

Dengan tenggat waktu shutdown yang mendekat, Fraksi Republik pun pasrah. Tidak seperti Trump yang terus menyangkal kekalahan, fraksi partai berlogo gajah di Kongres tersebut bersikap terus terang.

“Siapa pun tahu bahwa ini bukan kemenangan untuk Republik. Kita benar-benar ditundukkan (oleh Demokrat) dan menyia-nyiakan tiga minggu perundingan,” ujar anggota Dewan Perwakilan Fraksi Republik Mark Meadows.

BACA JUGA: Kongres AS Sepakati Anggaran Tembok Trump

Soal rencana status darurat nasional, Trump harus bersiap menghadapi banyak tentangan. Ketua Dewan Perwakilan Nancy Pelosi dan Ketua Minoritas Senat Chuck Schumer menyatakan bahwa rencana deklarasi tersebut adalah penyalahgunaan wewenang.

12 Next
Sumber : Jawa Pos

SHARES

TAGS ShutdownDonald Trump

Berita Terkait
Urusan Ranjang Hambat Pembahasan Anggaran di Kongres AS
Shutdown Bikin AS Tekor Rp 42 Triliun
Kalah Perang Anggaran, Trump Masih Berani Tebar Ancaman
Shutdown Berakhir: Demokrat 1 – Donald Trump 0
Akankah Shutdown Pemerintah AS Berakhir Hari Ini?
Shutdown Tak Kunjung Usai, Pegawai Federal AS Hidup dari Sedekah

Original Source

Related posts

Leave a Comment