ASEAN, Myanmar sepakat memulai langkah praktis untuk Rohingya

Hayati Nupus

JAKARTA

ASEAN dan Myanmar bersepakat untuk memulai langkah-langkah praktis untuk meredakan ketegangan di Negara Bagian Rakhine, lansir Myanmar Times.

Penasihat Ketua Serikat Perusahaan untuk Bantuan Kemanusiaan, Pemukiman Kembali dan Pembangunan di Rakhine (UEHRD) U Toe Oung mengatakan langkah-langkah itu akan dilakukan segera, sesuai situasi di lapangan.

“Kami berharap untuk memulai langkah-langkah praktis dengan cepat,” ujar dia.

Pejabat senior ASEAN dan menteri utama Negara Rakhine bertemu pada Senin di Nay Pyi Taw.

Keduanya sepakat untuk mengimplementasikan proyek-proyek bermanfaat besar bagi masyarakat dan program pengembangan kapasitas untuk tim Penilaian dan Tanggap Darurat ASEAN yang berbasis di Myanmar, demi mendukung repatriasi para pengungsi.

ASEAN dan Myanmar membahas rekomendasi penilaian kebutuhan awal dan rencana penilaian kebutuhan komprehensif untuk memfasilitasi pemulangan ke Rakhine.

“Langkah-langkah praktis ini akan berkontribusi untuk membuka jalan bagi repatriasi,” kata ASEAN dalam pernyataannya.

Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi dan Direktur Eksekutif Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Bencana (AHA Centre) Adelina Kamal memimpin kunjungan organisasi tersebut ke Rakhine pada Senin.

Wakil Direktur Eksekutif AHA Centre Arnel Capili mengatakan ASEAN siap memberikan lebih banyak bantuan ke Myanmar untuk menyelesaikan krisis Rakhine.

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). . Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Original Source

Related posts

Leave a Comment