ASUS Masih Pimpin Pasar Laptop Gaming Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta – ASUS memperkuat posisinya sebagai brand laptop gaming nomor satu di Indonesia. Lembaga riset GFK melaporkan bahwa ASUS tetap menjadi pemimpin pasar laptop gaming Indonesia dengan market share sebesar 60 persen pada Januari 2019.

Baca: ASUS ROG G703GX Pakai GPU Tercanggih dari NVIDIA
Baca: Asus Kembali Rajai Pasar Laptop Indonesia

“Kami tidak bisa menjadi nomor satu tanpa gamer dan konsumen setia yang telah percaya dengan kualitas produk ASUS ROG,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS South East Asia, Senin, 25 Maret 2019. “Misi kami selalu menghadirkan yang terbaik untuk konsumen, termasuk kualitas, layanan, serta pilihan terbaik.”

Angka 60 persen itu meningkat dari 57,6 pada periode yang sama di tahun sebelumnya, Januari 2018. Data GFK juga menyebutkan market share ASUS di pasar laptop gaming Indonesia berada jauh di atas kompetitornya, yaitu merek A di peringkat kedua dengan market share 13,5 persen dan merek B di peringkat ketiga dengan market share 11,5 persen.

Di segmen gaming harga di bawah Rp 15 juta, ASUS menguasai 46,4 persen pasar. Adapun di segmen harga di bawah Rp 20 juta, posisi ASUS sangat kuat dengan 70,2 persen. Sementara di laptop gaming Rp 20 juta ke atas, penguasaan pasarnya mencapai 72,5 persen.

“ASUS juga mengukuhkan posisinya sebagai produsen laptop terdepan di dunia, termasuk kawasan Eropa Timur. Riset pasar terbaru menunjukkan bahwa ASUS telah menjadi pemimpin di Eropa Timur sejak lama, dan pada Januari 2019, ASUS terus mengungguli merek lain dengan rata-rata pangsa pasar 25 persen,” kata Jimmy Lin.

Selain itu, ASUS juga menduduki peringat nomor satu di 5 negara, termasuk Rumania, Serbia dan Hongaria dengan pangsa pasar hampir 40 persen. Di kawasan Eropa Timur sendiri, permintaan atas eSports sedang melejit, yang menjadikan pasar gaming sangat berkembang dan akan menjadi pasar yang sangat penting seperti kawasan Asia Tenggara di masa datang.

Di pasar kelas atas, kisaran lebih dari US$1.200, ASUS juga menguasai pangsa pasar rata-rata 28 persen. ROG atau Republic of Gamers telah menjadi brand yang identik dengan perangkat gaming kelas atas di pasar eSports yang tumbuh cepat di Eropa Timur.

“Bersama dengan inovasi produk, ASUS aktif melakukan diversifikasi kolaborasi pemasaran untuk memperkuat posisi merek dengan mensponsori kompetisi dan pemain esports, dan kolaborasi dengan KOL dan media,” tutur Jimmy Lin. “ASUS juga bekerja sama dengan jaringan distribusi online dan offline untuk membangun fondasi yang kuat di pasar game Eropa Timur.”

Original Source

Related posts

Leave a Comment