Bandung Gagal Raih Adipura, Ini Penyebabnya

JawaPos.com – Kota Bandung gagal meraih penghargaan Adipura 2018 karena satu faktor yakni masalah pembuangan sampah akhir (TPA) Sarimukti. Namun kegagalan itu ditanggapi dengan baik dan dijadikan sebagai penyemangat untuk tahun berikutnya.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebut dari beberapa kriteria penilaian, yang paling krusial adalah urusan TPA Sarimukti. Sehingga Bandung gagal pertahankan piala Adipura yang telah didapat selama tiga tahun berturut-turut sejak 2015 lalu.

Kegagalan itu, karena penuntasan urusan TPA Sarimukti berada di level regional, Mang Oded, sapaan akrabnya akan lebih fokus berkoordinasi dengan kabupaten kota lain termasuk dengan provinsi.

“Tahun lalu juga (Sarimukti) bermasalah. Kalau memang aturannya seperti itu, saya tidak mau intervensi, kami terima saja. Saya sampaikan bahwa yang namanya penghargaan itu bukan tujuan utama,” ujarnya.

Mang Oded sapaanya mengaku tidak kecewa mendapati kenyataan bahwa Bandung gagal memperoleh penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup. Melainkan dijadikan sebagai penyemangat untuk membasa Kota Bandung lebih baik lagi.

“Tidak perlu kecewa, untuk apa kecewa. Justru harus membuat kita lebih bersemangat lagi dalam membuat Kota Bandung semakin lebih baik dalam pengelolaan lingkungan,” ungkapnya.

Mang Oded menambahkan, selain koordinasi di level regional, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun akan terus gencar menjalankan program untuk menciptakan lingkungan lebih bersih salah satunya melalui Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan). Karena ini juga merupakan peran Bandung dalam mendukung program nasional Citarum Harum.

Meskipun sebenarnya ada tidaknya program tersebut, sudah menjadi kewajiban mengelola 46 sungai di Kota Bandung menjadi lebih bersih. Dengan tujuan membangun budaya masyarakat menjadi lebih baik dalam pengelolaan lingkungan.

Editor : Bintang Pradewo
Reporter : Siti Fatonah

#adipura #bandung gagal raih adipura

Original Source

Related posts

Leave a Comment