Banyak Petugas KPPS Gugur karena Kelelahan, Mahfud MD Setuju Pemilu Serentak Dikaji Ulang

AKURAT.CO, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD setuju bila pemilu serentak dikaji ulang, menyusul banyaknya penyelenggara pemilu yang meninggal akibat kelelahan.

Mahfud menjelaskan, awal mula ditetapkannya pemilu serentak atas dasar keputusan MPR. Kemudian Mahkamah Konstitusi mengabulkannya.

“Setuju (pilkada serentak dikaji ulang). Itu dulu kan keputusan MPR saat membuat amandemen bahwa pemilu dilakukan serentak dengan 5 kotak. Berdasarkan dokumen dan kesaksian eks anggota-anggota PAH (Panitia Ad Hoc) MPR itu MK mengabulkan. Sebenarnya istilah serentak bisa ditafsir tak harus harinya sama, bisa saja dipisah. Kita bisa bahas lagi, termasuk thereshold,” tulis Mahfud MD dikutip dari kicauan di Twitternya, Sabtu (20/4/2019).

baca juga: Petuah Mahfud MD untuk Pemilih Milenial Warganet Sebut UAS Difitnah Gegara Dukung Prabowo, Mahfud MD: Saya Tidak Bisa Kasih Kesimpulan Diprediksi Bakal Pilih Prabowo, Mahfud MD ke Warganet: Urusan Memilih Itu Masing-masing!

Pernyataan itu mendapat respons dari warganet. Beberapa pihak setuju bila pemilu serentak dikaji ulang.

Salah satu warganet yang mendukung adalah akun @ayub_elgenaro. Dia ingin sistem pemilu serentak diubah karena menggunakan biaya yang mahal dan sudah banyak korban berjatuhan.

“Saatnya sistem pemilu seperti ini diubah, biaya mahal dan korban sudah banyak berjatuhan,” tulis Ayub.

Meluruskan, Mahfud menegaskan bahwa setiap menjelang penyelenggaraan pemilihan, Undang-Undang Pemilu selalu diubah. Namun, tetap saja ada pihak yang tidak setuju.

“Setiap menjelang pemilu UU Pemilu selalu diubah. Tapi tetap saja selalu ada yang menyalahkan. Sama dengan UUD, sudah ber-kali diubah, tapi selalu ada yang menyalahkan. Itulah konsekuensi dari demokrasi. Yang penting kita konsisten menegakkan hukum yang masih berlaku agar negara selamat,” imbuhnya.

Sebelumnya diketahui, sebanyak 12 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Jawa Barat gugur saat menjalankan tugas.[]

Original Source

Related posts

Leave a Comment