Banyak Petugas KPPS Meninggal-Mardani Tuntut Tanggung Jawab Pemerintah

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengucapkan turut berbela sungkawa dan empati kepada korban baik yang wafat atau pun sakit dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

“Saya mewakili Komisi II DPR RI sangat berbela sungkawa terhadap petugas KPPS baik yang meninggal ataupun sakit. Mereka merupakan pejuang demokrasi,” kata Mardani di Jakarta, Minggu (11/5/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Sabtu lalu, menyatakan ada 554 orang yang bertugas saat pemungutan dan penghitungan suara, meninggal dunia. Sebanyak 440 anggota KPPS meninggal dunia. Sementara 3.788 lainnya jatuh sakit.

Lebih lanjut, Legislator PKS tersebut mengatakan Karena hal ini maka akan jadi bahan evaluasi khusus DPR kedepan.

“Sebagai pihak yang terlibat dalam penyusunan Perundang-undangan dan Peraturan KPU, Bawaslu dan DKPP. Selanjutnya kami meminta KPU dan Bawaslu kronologis kejadiannnya, daftar mereka yang wafat dan sakit, berikut kondisi keluarga yang ditinggalkan,” ujar Mardani.

Ia menuturkan Komisi II DPR akan memastikan bahwa Pemerintah telah menanggung biaya berobat dan memberikan santunan kepada seluruh petugas yang sakit dan meninggal dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Selanjutnya Komisi II DPR RI mengusulkan kepada Pemerintah

untuk memberikan beasiswa sampai tingkat Perguruan Tinggi kepada anak-anak penyelenggara yang meninggal pada pemilu tahun 2019.

Terakir Ia mengatakan, Komisi II DPR RI sepakat akan melakukan segera melakukan evaluasi menyeluruh terkait dengan penyelengaraan Pemilu tahun 2019. (ahm)

tag:#pilpres-2019#pemilu-2019

Original Source

Related posts

Leave a Comment