Benarkah KPI melarang iklan Shopee karena tuntutan petisi?

Kelompok BLACKPINK saat menghadiri Penghargaan Gaon Chart K-Pop ke-6 pada 22 Februari 2017.Hak atas fotoHan Myung-Gu/WireImageImage caption Kelompok BLACKPINK saat menghadiri Penghargaan Gaon Chart K-Pop ke-6 pada 22 Februari 2017.

Lewat pernyataan resmi yang dikeluarkan di situsnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee Blackpink dan acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale”.

“Siaran iklan dan program acara tersebut dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012,” menurut KPI dalam surat peringatan untuk 11 stasiun televisi berjaringan nasional yang ditandatangani Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, Selasa (11/12/2018).

Sebelas stasiun televisi yang kena surat peringatan tersebut yakni Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net, dan SCTV.

Ditegur KPI, sinetron religi bertema ‘azab’ mirip ‘koran kuning’Cegah ceramah kontroversial di televisi, MUI dan KPI siapkan ‘aturan bersama’

KPI Pusat menilai muatan demikian berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya.

“Kami meminta kepada produsen, agar dalam membuat iklan dan melakukan promosi untuk senantiasa memperhatikan brand safety, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan,” kata Hardly Stefano, komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat.


Hak cipta gambar @AdityaWisnu@AdityaWisnuTwitter pesan oleh @AdityaWisnu: Wow!! Iklan Blackpink sudah dilaporkan sama ibu ini dan KPI Keluarkan surat peringatan ke Shopee. Ckckck... Hak cipta gambar @AdityaWisnu@AdityaWisnu

“Jika kami masih menemukan tayangan yang sama sebagaimana dimaksud dalam surat peringatan, KPI akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada,” ujar Hardly.

Tak sedikit warganet yang mengkritik kebijakan KPI itu dan menyebutnya “keputusan yang diambil karena tekanan sepihak”.

“Daripada ribut, akhirnya diiyain. Kalo kayak gini terus, kita bisa balik ke hukum rimba,” tulis seorang pengguna media sosial.


Hak cipta gambar @WidasSatyo@WidasSatyoTwitter pesan oleh @WidasSatyo: Bukan soal sia-sia.. Tp keputusan ini diambil menurutku krna tekanan sepihak. Daripada ribut, akhirnya di iyain. Kalo kyk gini terus, kita bs balik ke hukum rimba. Masalahnya KPI sendiri jg gak konsisten filter tayangan lain yg lbh gak seronok dr iklannya blackpink.Hak cipta gambar @WidasSatyo@WidasSatyo


Hak cipta gambar @OmDennis@OmDennisTwitter pesan oleh @OmDennis: Kurasa, KPI minta iklan Blackpink dihentikan karena ingin mengurangi kegaduhan pra-pilpres aja.Tapi, cara penghentian seperti itu nggak akan bikin masyarakat lebih cepat belajar berpikiran terbuka.Hak cipta gambar @OmDennis@OmDennis

Pengguna media sosial lain juga mempertanyakan, “Sinetron anak sekolah tapi pacaran, berantem, acara lawak saling buka aib, suami mergokin istri selingkuh diliput media. Apa itu mendidik??”


Hak cipta gambar @wlssavabagass@wlssavabagassTwitter pesan oleh @wlssavabagass: Sinetron < Blackpink.Good job @KPI_PusatHak cipta gambar @wlssavabagass@wlssavabagass


Hak cipta gambar @chetin2107@chetin2107Twitter pesan oleh @chetin2107: Blackpink dgn kearifan lokal biar ga kena semprit KPI ? Indonesia oohhh Indonesia... Hak cipta gambar @chetin2107@chetin2107

Ada juga pengguna media sosial lain yang mempertanyakan kenapa larangan ini baru berlaku sekarang, “Pas pertama kali muncul kenapa tidak diprotes?”


Hak cipta gambar @cherryawina@cherryawinaTwitter pesan oleh @cherryawina: Oke, aku setuju sama komen ini.. Pastinya dri pihak shopee sdh laporan dong ke KPI klo mau nayangin iklan blackpink? Hahahahahahaha anda lucu sekali KPI #petisi Hak cipta gambar @cherryawina@cherryawina


Hak cipta gambar @wilsonsitorus@wilsonsitorusTwitter pesan oleh @wilsonsitorus: Materi iklan Blackpink sudah mengangungi surat tanda lulus sensor dari LSF. Kemudian dilarang oleh KPI. Di sini saya sering merasa makan anjing pake kolHak cipta gambar @wilsonsitorus@wilsonsitorus

Komisioner KPI Dewi Setyarini menyatakan bahwa dia menolak anggapan bahwa keputusan KPI soal iklan Shopee sebagai keputusan yang sepihak dan terburu-buru.

“Karena keputusan yang kita buat selalu melalui prosedur, baik melalui tim pemantauan, tim pengaduan, kita lihat dan kita review baru kita kemudian analisa, cek dengan tim kami, baru kita rapatkan di divisi penyiaran, jadi (keputusannya) sudah melalui proses itu,” kata Dewi pada BBC News Indonesia, Rabu (12/12).

Sensor atlet renang di televisi: berlebihan atau perbedaan interpretasi?Mengapa kita semakin takut dengan belahan dada?

“Kalau dibilang ini keputusannya terburu-buru, tidak juga, karena sudah melalui proses itu,” kata Dewi.

Hak atas fotoBAY ISMOYO/AFP/Getty ImagesImage caption KPI melarang iklan situs e-commerce Shopee yang dibintangi oleh kelompok Korea, Blackpink.

Menurutnya, tim KPI sudah memasukkan aduan soal iklan itu jauh sebelum muncul petisi yang menuntut penghapusan iklan tersebut. “Minggu kemarin sebenarnya sedang kita bahas (iklan itu), begitu kita masukkan dalam rapat, sudah buat putusan, tapi putusan kita belum rilis, ada petisi dan sebagainya,” kata Dewi.

Respons dari masyarakat, menurut Dewi, juga menjadi salah satu dasar pertimbangan dalam putusan yang diambil oleh KPI.

Dewi juga menolak anggapan yang menyatakan bahwa KPI tak mengambil tindakan atau memberi sanksi pada acara-acara sinetron yang dianggap melanggar aturan penyiaran.

Original Source

Related posts

Leave a Comment