Berkunjung ke Zaman Rasullah di Museum Makkah

Apa yang orang Barat atau pengikut agama yang berbeda tahu tentang Nabi Muhammad SAW? Apa yang diketahui atheis tentang dia? Apa yang Muslim baru ketahui tentang dia dan apa yang orang-orang Arab yang dilahirkan Muslim tahu tentang dia, semoga Allah senang dengan Rasullah SAw itu?

Apakah rata-rata orang tahu kalau Ketika Nabi Muhammad SAW tertawa sampai terlihat pada gerakan gerahamnya. Lalu apakah orang tahu bagiamana aroma musk (harum) yang terpancar dari tubuhnya? Apakah orang tahu juga apakah Rasullah SAW berjalan dengan cepat> Apakah juga Rasulllah SAW mencintai permen? Naj, kita tidak pernah bisa membayangkan siapa dia sebenarnya sampai setelah Al-Qur’an diwahyukan dan hadis yang otentik diturunkan dari generasi ke generasi.

Jelas tidak mudah menemukan sebuah buku yang menggambarkan rincian sosok Nabi Muhammad (saw) dalam semua perannya; baik sebagai suami, ayah, teman, pengkhotbah, penguasa, dan komandan militer. Apalagi sebagian besar buku yang tersedia tentang Nabi terbatas pada serangkaian peristiwa: kelahirannya, pernikahan, Wahyu, pertempuran, dan kematiannya.

Menyadari kebutuhan mendesak untuk ruang lingkup yang lebih luas dan perspektif yang unik aan Rasullah SAW itu maka banyak pihak yang mencoba menuliskannya. Salah satunya penulis buku itu adalah Nasir Al-Qurashy Al-Zahrani yang membuat misinya dalam hidup untuk membuat sebuah buku yang mencakup segalanya dan menyajikannya kepada dunia mengenai sosok Nabi Muhammad SAW tersebut. Dengan gelar PhD dalam bahasa Arab, latar belakang pengetahuan yang luas dalam sejarah Nabi (saw), serta punya kontak dekat dengan para kaum terpelajar, Al-Zahrani adalah salah satu sosok yang baik untuk mengerjakan tugas mulia ini.

Maka, seperti dilansir Suadigazette.com, Al-Zahrani membenamkan diri dalam tulisan-tulisannya. Pekerjaan yang dimulai sebagai buku itu kemudian diperluas menjadi ensiklopedia yang berisi 500 volume.

“Ensiklopedia itu adalah deskripsi komprehensif tentang biografi yang bersinar dan sikap yang sangat baik dari Nabi (saw); karakteristik fisik dan moralnya, sehingga Anda hampir dapat membayangkannya dalam pikiran Anda. Ini menggambarkan etiketnya, kehidupan di rumah, hubungannya dengan keluarganya, pakaiannya, rumah, harta benda, dan senjata. Ini tentang Nabi (saw) dalam segala situasi; dalam ibadah, doa, perjalanan, sambil berpuasa, berdiri, tidur, memberikan khotbah, dalam ziarah, dan pertempuran. Ini menunjukkan Nabi Muhammad (saw) dalam semua emosinya, kemenangan dan kesengsaraannya; sambil bercanda, tertawa, menangis, dan menunjukkan belas kasihan dan belas kasih, “kata Al-Zahrani.

Dan, sebelum tinta dibuat untuk pembuatan ensiklopedia ini, Al-Zahrani berkonsultasi dengan lebih dari 80 sarjana untuk memastikan bahwa semua informasi yang terkandung dalam sampul ensiklopedia itu akurat. Buku ini menerima persetujuan dari Uni Arkeolog Arab di Kairo.

Anda mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa Nabi Muhammad (saw) di masa hidupnya adalah punya jenis pakaian yang berbeda, karena ia menerima hadiah dari jauh; India, Persia, Suriah. Dia menggunakan beberapa warna, termasuk kuning dan merah, Dia mencicipi 92 jenis hidangan yang berbeda.

Mengerjakan buku Ensiklopedia itu memicu semangat Al-Zahrani untuk mengetahui secara dalam mengenai sosok Nabi Muhammad SAW. Bahlan ia memperoleh momentumnya sendiri sampai proyek tersebut mengarah ke museum penuh untuk menghormati sosok yang terbaik dari umat manusia itu.

Related posts

Leave a Comment