Besok, Relawan Peduli Solo Adakan Deklarasi Damai

JawaPos.com – Kelompok yang mengatasnamakan Relawan Peduli Solo akan mengadakan deklarasi damai. Deklarasi yang akan dihadiri oleh puluhan organisasi kepemudaan (OKP) tersebut akan dipusatkan di Monumen Banjarsari (Monjari), Banjarsari, Sabtu (23/3) besok. Deklarasi ini ditujukan untuk mengajak seluruh masyarakat menjaga kondusifitas kota Solo.

Ketua Panitia Kegiatan, Hendra Ery Wicaksono menyampaikan, kegiatan ini diinisiasi oleh Pemuda Pancasila (PP), KNPI dan juga Merah Putih. Menurutnya, Ormas kepemudaan dan masyarakat Solo mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga kedamaian Kota Solo.

“Maka dari itu perlu dibuat sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat untuk menjaga suasana sejuk, damai dalam proses kampanye Pemilu,” urainya saat jumpa pers, Jumat (22/3) malam.

Hendra melanjutkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya perbedaan pilihan tidak memecah belah persatuan dan kesatuan. Di samping itu juga mengajak masyarakat agar mengedepankan persaudaraan dan menjaga kerukunan, meski berbeda pilihan.

“Pemilu itu kan hanya proses lima tahunan, jadi jangan sampai adanya perbedaan pilihan akan memecah belah persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan pelepasan burung enam ekor burung dara. Hal ini menyimbolkan kedamaian. “Burung itu adalah lambang kedamaian, harapannya biar bisa aman sejuk. Nantinya juga akan diadakan penandatanganan sebagai bentuk komitmen menjaga kondusifitas Kota Solo,” timpal Ketua KNPI, Bambang Gage.

Ditanya mengenai jumlah peserta yang akan hadir dalam Deklarasi Damai ini, Bambang menyampaikan, jumlah peserta diperkirakan mencapai 1.000 orang dan 24 OKP se-Soloraya. “Selain mengundang OKP, kami juga akan mengundang KPU, Bawaslu, Forkompimda dan juga tokoh masyarakat. Besok juga akan ada longmarch mengelilingi monumen,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto
Reporter : Ari Purnomo

#deklarasi damai #solo #pilpres 2019

Original Source

Related posts

Leave a Comment