Boeing Tawarkan Fitur Standar untuk Keselamatan Pesawat 737 MAX

AKURAT.CO Produsen Pesawat asal Amerika Serikat, Boeing Co, Berencana akan menawarkan fitur keselamatan standar, pasca tragedi kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 milik Maskapai Ethiopian Airlines dan Lion Air Indonesia.

Pengembangan tersebut akan menyematkan lampu peringatan di kokpit yang sebelumnya hanya sebagai pengembangan opsional dari sistim Pesawat737 Max 8.

Kecelakaan yang terjadi pada bulan Maret lalu, kembali menewaskan sekitar 157 penumpang yang menjadi pemicu penyelidikan terbesar daalm sejarah penerbangan.

baca juga: Tragedi Boeing 737 karena Pilot Ethiopian Airlines Tak Mendapatkan Pelatihan? Informasi Terkini Operasional Penerbangan Lion Air Setelah Penghentian Sementara Boeing 737 MAX 8 Pabrik Kimia China Meledak, Puluhan Orang Tewas dan Ratusan Luka-luka

Disebutkan pada saat investigasi awal menunjukan adanya kesamaan antara kecelakaan pesawat yang terjadi di Ethiopia dan Indonesia pada bulan Oktober lalu yang menewaskan sekitar 189 awak beserta penumpang.

Namun hingga saat ini spekulasi tersebut belum terbukti benar, akan tetapi penyelidikan akan lebih berfokus kepada sistim navigasi penerbangan otomatis MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) yang dimiliki oleh Boeing.

Menurut penuturan para eksekutif Boeing kepada Reuters (22/3/2019) menyatakan bahwa perusahaan tersebut akan melakukan perombakan besar terhadap pesawat yang lebih tua dengan menyematkan lampu peringatan di kokpit.

Namun tidak jelas akan memakan waktu berapa lama untuk Boeing mereparasi pesawat MAX dengan sistim software yang baru.

Para ahli mengatakan mungkin perlu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk dilakukan, sedangkan bagi para regulator akan lebih meninjau dan menyetujui perubahan.

Regulator di Eropa dan Kanada mengatakan mereka akan melakukan review sendiri tentang sistem baru. []

Original Source

Related posts

Leave a Comment