Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lain

Pernahkah kamu mendapat kritikan berupa ucapan pedas dari orang lain? Entah apapun alasannya, ucapan pedas dari orang lain memang bisa bikin down dan bad mood . Nah, sebenarnya kritikan gak harus dengan ucapan pedas bukan?

Melainkan dengan menggunakan tutur kata dan bahasa yang baik dan sopan. Maka dari itu, ada 5 alasan kenapa kamu sebaiknya gak perlu ambil hati ucapan pedas orang lain. Yuk simak!

1. Kalau memang ucapan pedas orang lain tidak benar, untuk apa diambil hati?
Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lainpexels.com/Trinity Kubassek

Pertama, cermati dulu apakah ucapan pedas dari orang lain itu memang benar atau malah salah. Karena, kalau memang ucapan pedas tersebut gak benar menurutmu, buat apa diambil hati dan dipikirin? Sebaliknya, kalau ternyata apa yang diucapkan walaupun terasa ‘pedas’ dan bikin kesal, maka ada baiknya kamu refleksi diri dulu nih.

2. Memikirkan perihnya omongan orang lain hanya buang-buang waktumu saja
Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lainpexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Terlepas dari benar tidaknya ucapan pedas orang lain, tentu akan menyakitkan bagi orang yang mendengarnya. Dengan catatan, kalau kamu memikirkan secara berlebihan apa yang diucapkan orang lain. Dan, bisa-bisa bikin hidupmu jadi gak produktif lho akibat terlalu baper dengan ucapan orang lain.

Lagipula, hanya terus memikirkan perihnya ucapan orang lain hanya buang-buang waktumu saja. Jadi, sebaiknya kamu berfokus pada hal positif dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik ya guys!

3. Kamu sendiri yang menjalani hidup bukan mereka
Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lainpexels.com/burst

Kebanyakan orang hanya bisa berkomentar tanpa mengetahui keadaan atau kondisi sebenarnya. Tiap orang punya kehidupannya masing-masing dan tentunya juga bertanggung jawab untuk menjalaninya dengan baik.

Ibaratnya, kamu adalah seorang pemain sepak bola dan orang lain adalah para penonton di stadion. Mereka hanya melihat permainanmu di lapangan namun tidak melihat bagaimana latihan keseharian dan persiapanmu sebelum bertanding. Oleh karena itu, bila ucapan mereka gak benar ya sudah biarkan saja dan gak usah diambil hati ya!

Lanjutkan membaca artikel di bawah
Editors’ picks5 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Pasangan yang Kerap Playing Victim7 Alasan Kenapa Banyak Cowok Mandiri Lebih Memilih untuk Gak Pacaran8 Ide Padu Padan Wide Leg Pants ala Selebgram, Kasual nan Modis!

Baca Juga: [OPINI] Sebelum Mengkritik Orang Lain, Sudahkah Kamu Introspeksi Diri?

4. Supaya tak ada dendam dan sakit hati yang tersimpan
Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lainpexels.com/Andre Furtado

Bahaya dari ucapan pedas yang dilontarkan orang lain adalah memicu timbulnya dendam dan sakit hati yang berkepanjangan bila tidak dimaknai dengan baik. Jadi, sebaiknya jangan deh menyimpan dendam dan sakit hati karena yang rugi ujung-ujungnya bukan hanya orang lain saja lho melainkan juga dirimu sendiri.

Nah, salah satu cara paling tepat ya jangan diambil hati ucapan orang lain maka kedamaian hati bisa kamu dapatkan. Setuju?

5. Mungkin mereka tidak sengaja, padahal bermaksud baik
Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lainpexels.com/Tirachard Kumtanom

Usahakan jangan terbawa emosi dulu dan positive thinking sebisa mungkin dalam menanggapi ucapan orang lain. Karena, bisa saja kan kalau orang tersebut sebenarnya bermaksud baik dan sudah terbawa emosi sehingga mengucapkan kata-kata yang pedas dan tak enak didengar.

Mereka juga manusia biasa yang bisa salah, jadi coba pahami dan jangan terlalu serius menanggapi ucapan pedas orang lain ya.

6. Bukan diambil hati, tapi jadikan ucapan pedas sebagai saran yang membangun
Camkan, Ini 6 Alasan Kamu Gak Perlu Ambil Hati Ucapan Pedas Orang Lainpexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Sekali lagi, semua tergantung pada sudut pandangmu tentang bagaimana kamu menanggapi ucapan orang lain. Daripada diambil hati, lebih baik kamu jadikan saran yang membangun saja bila yang diucapkan benar.

Akhir kata, ingatlah bahwa ucapan itu bisa membangun ataupun menjatuhkan orang lain. Sehingga, berhati-hatilah dalam berucap maupun menanggapi ucapan orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Hadapi dengan Santai, Ini 5 Jurus Cool Saat Kamu Dikritik Seseorang!

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Original Source

Related posts

Leave a Comment