Deasy Tuwo Diterkam Buaya, 6 Tips Aman Berwisata di Habitat Buaya

TEMPO.CO, Jakarta – Seorang wanita bernama Deasy Tuwo di Minahasa, Sulawesi Utara, tewas diterkam buaya di tempatnya bekerja. Deasy Tuwo bekerja sebagai kepala laboratorium di perusahaan pembibitan mutiara, CV Yosiki.

Baca: Singkawang Mencari Pawang yang Bisa Menangkap 4 Buaya di Sungai

Sesekali Deasy Tuwo memberikan makanan untuk buaya peliharaan bosnya. Nahas, pada Jumat 11 Januari 2019, Deasy dimangsa buaya. Tubuhnya ditemukan terapung di kandang buaya dengan kondisi mengenaskan.

Memang harus ekstra hati-hati jika berada di dekat kandang binatang buas, seperti buaya, harimau, ular, dan lainnya. Jika kamu sedang berwisata ke kebun binatang, patuhi selalu peraturan dan perhatikan tanda peringatan yang tertera di setiap kandang.

Apabila kamu sedang berwisata ke sungai yang menjadi habitat buaya, ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Pemilik operator wisata susur sungai Orang Utan Days, Kalimantan, Yommie Kamale berbagi tips bagi wisatawan yang hendak menyusuri alam terbuka, terutama jika sampai ke area habitat buaya.

1. Jika naik ke perahu dan menyusuri sungai habitat buaya, wisatawan harus menjaga keseimbangan kapal atau perahu selama trip berlangsung. Keseimbangan ini penting agar kapal tidak terbalik. Jika kapal terbalik dan wisatawan jatuh ke dalam air, kemungkinan terjadinya penyerangan oleh buaya akan lebih besar.

2. Dilarang mencelupkan anggota badan ke air sungai. Tidak ada yang tahun apakah sungai itu dalam atau tidak dan sedang ada buaya yang mengintai atau tidak.

3. Dilarang duduk di tepi perahu. Sebab, posisi itu bisa menarik perhatian buaya untuk datang menyerang. Duduklah di tengah perahu sembari menjaga keseimbangan.

4. Jangan berenang di sungai, apa pun alasan dan keadaannya. Buaya bisa ada di mana saja di sepanjang sungai. Lebih-lebih hewan pemakan daging itu dapat menyaru seperti kayu dan mematung sampai 2 jam saat mengintai mangsa.

5. Wisatawan harus selalu berada di area aman dengan pengawasan pemandu. Wisatawan tidak boleh menjamah area di tepi hutan, selama tidak ada instruksi dari pemandu wisata.

6. Jangan membuang makanan apa pun ke dalam sungai. Aroma makanan akan memantik buaya dan binatang lain datang, mendekat ke kapal.

Artikel lainnya:
Kerap Disambangi, Sungai Siak Perlu Dipasangi Rambu Bahaya Buaya

Original Source

Related posts

Leave a Comment