Dibilang Mahal, INACA: Tarif Pesawat Tak Naik Sejak 2016

JawaPos.com – Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) mengatakan, para maskapai penerbangan sepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik. Padahal, tarif tiket pesawat sudah tak naik sejak 2016.

Ketua INACA Ari Ashkara menjelaskan, penetapan harga tersebut mempertimbangkan beberapa variabel mulai dari besaran permintaan, nilai tukar (kurs), dan avtur.

“Saya sudah sampaikan dan sudah cek ke beberapa airline, harga di Nataru dan lebaran sama sejak 2016. Jadi memang triggernya karena season,” ujarnya di Restoran Batik Kuring Kawasan SCBD Jakarta, Minggu (13/1).

Dengan penurunan tarif tiket pesawat yang sebesar 20 persen hingga 60 persen, lanjut Ari, para maskapai harus melakukan efisiensi. Sehingga, operasional maskapai domestik tetap berjalan.

“Karena berbagai airline efisien masing-masing bisa berbeda. Namun yg paling penting adalah stakeholder mensupport kita terkait variabel-variabel cost,” jelasnya.

Meskipun demikian, kata Dirut Garuda Indonesia ini, faktor keselamatan dan pelayanan tetap harus ditingkatkan. “Saya rasa kalau LCC tidak ada fasilitas yang dikurangi karena memang sudah ada aturannya. Garuda tidak ada juga, malah kemarin kan ditambah akustik,” imbuhnya.

Meskipun belum ada komitmen dari pemerintah soal dukungan efisiensi, namun, pihaknya telah menyampaikan usulan kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dan PT Pertamina (Persero). Dia pun meminta harga bahan bakar diturunkan hingga 10 persen.

“Dari INACA kami berharap, bisa menurunkan cost atau tarif atau harga variabel cukup signifikan. Kami berharap Pertamina bisa menurunkan 10 persen,” tegasnya.

Ari menambahkan, penurunan harga tiket tersebut akan berlangsung selama empat bulan kedepan karena memasuki low season.

“Kita memasuki low season seperti 2018 sampai dengan April nanti,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi
Reporter : Romys Binekasri

#inaca #tiket pesawat mahal #tikel lcc mahal

Original Source

Related posts

Leave a Comment