Gempa Tasikmalaya, Terasa di Enam Kabupaten di Jabar

Tidak ada dampak baik korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (7/1) malam. Menurut Pusdalops PB BPBD Jawa Barat, Budi Budiman, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 22.04.09 WIB dengan kekuatan 4,8 skala Richter. Koordinatnya, episenter 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 kilometer (Km) Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 21 Km.

“Gempa bumi Tasikmalaya ini, terasa di enam kabupaten di Jabar,” ujar Budi kepada wartawan, Senin malam.

Budi mengatakan, daerah di Jabar yang merasakan gempa tersebut di antaranya adalah Kabupaten Sumedang Kabupaten Sukabumi tepatnya di daerah Nyalindung, Kabupaten Bandung terasa namun tidak terlalu kuat, Kabupaten Garut untuk sementara tidak berdampak, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

“Dari hasil panatauan Pusdalops PB BPBD Provinsi Jawa Barat sampai pukul 23.00 WIB sementara tidak ada dampak baik korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta benda sehingga tidak mengganggu kehidupan dan penghidupan,” paparnya.

Walaupun belum ada korban, kata dia, tapi pemantauan dan koordinasi dengan Kabupaten/Kota terus dilakukan oleh BPBD Provinsi Jabar. Saat ini, BPBD Jabar pun terus bersiaga.

Related posts

Leave a Comment