Ini 5 Tips Jitu Biar Bisa Bangun Lebih Pagi

Udara pagi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah membuat konsentrasi dan energi dalam otak dan tubuh kita meningkat. Jika sering dilakukan, tidak menutup kemungkinan semangat kita akan terjaga setiap harinya.

Akan tetapi kesulitan untuk bangun lebih pagi sering menjadi masalah bagi kita. Mulai dari susah tidur (insomnia), rasa malas, kurangnya semangat dan lain-lain. Dalam artikel ini mari kita bahas bersama-sama, hal apa yang harus dilakukan agar kita bisa bangun lebih pagi.

1. Niatkan selalu dalam hati untuk bisa bangun lebih pagi
Ini 5 Tips Jitu Biar Bisa Bangun Lebih PagiUnspalsh/Bart LaRue

Niat adalah kunci utama setiap perbuatan kita. Karena setiap hasil yang didapat berawal dari niat yang kita tanamkan. Jika niat kita kuat, bukan hal yang mustahil kita bisa melakukannya, salah satunya adalah kuatkan niat untuk bangun lebih pagi.

2. Tulis dan ingat apa yang akan dilakukan
Ini 5 Tips Jitu Biar Bisa Bangun Lebih PagiUnsplash/Brad Neathery

Menulis adalah awal untuk mengingat. Karena dengan menulis bisa mengingat apa yang hendak kita lakukan. Menulis membantu memori ingatan agar tetap terjaga. Setelah ditulis, memori ingatan akan menyimpannya untuk kemudian diteruskan kembali menjadi praktek yang nyata. Lebih tepatnya tulis dan ingatlah secara mendalam setiap rencana kita, agar tidak hilang dan berlalu dengan cuma-cuma.

3. Berdoa sebelum tidur

Ini 5 Tips Jitu Biar Bisa Bangun Lebih PagiUnsplash/Ben White

Lanjutkan membaca artikel di bawah
Editors’ picks3 Arti Nama Anak Mona Ratuliu, Unik Diambil dari Berbagai Bahasa!#JusticeForAudrey Sedang Marak, Ini Kata Psikolog AnakDaftar 10 Kampus Terbaik di Asia, Indonesia Ada Gak ya?

Doa merupakan sebuah kebaikan yang abadi. Maka dari itu, sebelum tidur jangan sampai kita lupa untuk berdoa, agar kebaikan senantiasa selalu menyertai kita.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Rasa Lapar Berlebihan Saat Bangun Tidur!

4. Menyalakan alarm alami di rumah
Ini 5 Tips Jitu Biar Bisa Bangun Lebih PagiUnsplash/Lukas Blazek

Memasang alarm merupakan cara yang sering dilakukan agar bisa bangun pagi dan bukan untuk bangun lebih pagi (tegantung jam berapa kita memasang alarmnya). Rata-rata, tujuan memasang alarm adalah agar tidak bangun kesiangan. Namun tidak semua orang bisa melakukannya. Karena masih banyak juga yang bangun kesiangan meskipun sudah memasang alarm.

Ada cara lain, yaitu memasang alarm alami. Nah bagi kamu yang sudah berkeluarga dan mempunyai bayi, alarm alami dari bayi merupakan cara yang mudah. Karena bayi (umur 1-4 bulan) sering bangun dan menangis, terlepas apapun alasanya, baik di malam hari maupun pagi hari. Jika sudah mempunyai bayi, pastilah kamu tidak akan sulit untuk bangun lebih pagi.

5. Belajar ikhlas dalam melakukan setiap kegiatan
Ini 5 Tips Jitu Biar Bisa Bangun Lebih PagiUnsplash/Ben White

Ikhlas ibarat embun, yang selalu datang ketika kita terlelap. Tidak semua dari kita bisa belajar untuk ikhlas, terkecuali bagi mereka yang sudah mampu mengelolanya. Melakukan sesuatu dengan ikhlas, membutuhkan perjuangan yang tinggi. ketika kita ingin bangun lebih pagi, pastilah harus ada keihlasan dalam hati untuk mengerjakannya, jangan sampai terpaksa. Agar apa yang kita lakukan bisa bermanfaat dan menjadi pahala.

Lakukanlah dengan ikhlas, jangan terpaksa atau merasa dipaksa. semoga senantiasa selalu menjadi kebaikan untuk kita semua. Amin.

Baca Juga: 5 Alasan Ini Membuatmu Ingin Terus Bangun Tidur Lebih Pagi

Noer Alam Photo Community Writer Noer Alam

Berjalan mengalir saja dan nikmati setiap kondisi dengan penuh rasa syukur, berharap esok akan lebih baik dari hari ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Original Source

Related posts

Leave a Comment