Isu Hoaks Bertebaran Pasca Banjir Bandang Sentani

Jayapura, Gatra.com – BMKG wilayah V Jayapura meminta masyarakat di Sentani khususnya dan Papua pada umumnya tidak cepat mempercayai isu hoaks yang bertebaran pasca banjir bandang Sentani yang terjadi pada Sabtu (16/3).

Misalnya saja ada isu yang beredar di masyarakat Papua yang menyebutkan pasca banjir bandnag akan terjadi tsunami hebat.

Kepala Kantor BMKG wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili menyebutkan banjir bandang tak ada hubungannya dengan tsunami. Kata Petrus, banjir bandang dipicu hujan ekstrim lebat yang terjadi pada 16 Maret lalu, dengan intensitas curah hujan 248 mili meter per detik . BMKG setempat mencatat hujan saat itu sangat lebat. Sementara penyebab tsunami dipicu salah oleh gempa bumi. “Hingga kini tak ada alat yang dapat memprediksi gempa bumi dan isu yang bertebaran ini adalah hoaks,” kata Petrus, Kamis (21/3).

Baca juga: Ketinggian Air di Danau Sentani Terus Naik

Oleh karena ini BMKG minta masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tetap waspada, sebab BMKG memprediksi satu minggu kedepan curah hujan masih terjadi. Pada siang hari curah hujan ringan dan sedang, namun pada malam hari, intensitas curah hujan diprediksi akan sedang hingga lebat.

“Masyarakat harus menghindari daerah yang terdampak dan langganan banjir, serta lereng perbukitan, karena berpotensi longsor. Tetap waspada dan tetap memantau prediksi cuaca dari BMKG untuk menghindari isu hoaks,” jelas Petrus.

Baca juga: Pro Kontra Pemakaman Massal Korban Banjir Bandang Sentani

Banjir bandang melanda Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura. Hingga hari kelima pasca kejadian, ditemukan 105 jenasah dan 255 masyarakat melaporkan keluarganya masih hilang. Tim evakuasi masih terus melakukan pencarian terhadap korban selamat dan korban yang sudah meninggal dunia, salah satunya dengan menggunakan 15 anjing pelacak milik Polri. Posko induk penanggulangan bencanamenyebutkan sebanyak 11.154 orang pengungsi masih bertahan di tenda darurat.


Reporter: Katharina Lita

Editor: Rosyid

Original Source

Related posts

Leave a Comment