Janji BBM Tidak Naik, Satu Bulan Sudah Naik Lagi

Portaldaily.net, Jakarta — Janji BBM Tidak Naik, Satu Bulan Sudah Naik Lagi

Kenaikan harga BBM Non Subsidi mengejutkan masyarakat. Pasalnya, baru satu bulan yang lalu pemerintah berjanji tidak akan menaikkan harga BBM.

Pemerintah tidak merencanakan kenaikkan harga BBM dalam waktu dekat,” ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan, Selasa, 5 September 2018 di Kantor Kementerian ESDM

Alasannya?

“Penerimaan negara di subsektor migas pada semester pertama 2018 lebih baik, bahkan lebih besar sekitar USD 1,89 miliar dibanding semester pertama tahun lalu. Bahan setelah dikurangi tambahan subsidi solar tahun ini, angkanya masih positif,” ucap Jonan.

Itu diucapkan Jonan pada 5 September silam. Berselang satu bulan kemudian, harga Pertamax, Biosolar dan Dex dinaikkan dengan alasan harga minyak mentah yang terus meroket.
Tidak ketinggalan premium juga ikut naik.

Pemerintah menaikkan harga per liter BBM jenis premium mulai 10 Oktober 2018 menjadi Rp7.000 untuk Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) serta Rp6.900 di luar Jamali.

“Pemerintah mempertimbangkan, sesuai arahan Presiden, bahwa premium mulai hari ini (10/10) disesuaikan harganya,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Bali, Rabu.

Penyesuaian harga premium per liter di area Jamali menjadi Rp7.000 dari Rp6.650 dan di luar Jamali menjadi Rp6.900 dari Rp6.450.

Ia menjelaskan penyesuaian harga premium paling cepat dilakukan pada pukul 18.00 WIB tergantung kesiapan dari sosialisasi PT Pertamina (Persero) ke sekitar 2.500 SPBU yang menjual BBM premium.

Sebelumnya, Pertamina sudah menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar nonPSO mulai Rabu (10/10), dan berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 WIB.

Pertamina menetapkan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax Rp10.400 per liter, Pertamax Turbo Rp12.250 per liter, Pertamina Dex Rp11.850 per liter, Dexlite Rp10.500 per liter, dan Biosolar nonPSO Rp9.800 per liter.

Sepertinya, waktu satu bulan tidak termasuk frase “dalam waktu dekat”
Janji tinggalah janji. (Fr)

Related posts

Leave a Comment