Kenapa Mobil Esemka Menjadi Trading Topik?

Portaldailynet, Jakarta – Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut mobil Esemka yang pernah dirintis Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan pada Oktober mendatang.

“Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran,” kata Ma’ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis, 27 September 2018.

Pernyataan tersebut dilontarkan Ma’ruf Amin ketika memberikan tausiah di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama. “Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional Nuris jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil,” katanya disambut tepuk tangan meriah ratusan orang yang hadir dalam acara silaturahmi itu.

BULAN OKTOBER pun sudah berakhir berganti November, dan apa yang pernah disampaikan Ma’ruf Amin ternyata tak terjadi. Bahkan sebelum Oktober beralu, Jokowi malah angkat tangan soal Esemka.

Kini warganet mengarahkan pada pernyataan Ma’ruf Amin, yang notabene masih menjabat Ketua Umum MUI.

Lalu banyak netizen yang memberikan tagar #HoaxEsemka

Sekretaris Jenderal Partai NasDem itu mengatakan masyarakat seharusnya dapat mendukung ide dan gagasan penciptaan mobil nasional buatan dalam negeri, termasuk mobil Esemka.

“Kalau soal jadwal ya kapan saja bisa, lebih cepat lebih baik,” kata Johnny saat ditemui di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/10).

Sementara itu, Juru Bicara TKN Arya Sinulingga menegaskan bahwa Ma’ruf mendapatkan informasi Esemka akan diluncurkan bulan Oktober bukan berasal dari pemerintah.

Ia mengatakan Esemka merupakan properti industri yang dikembangkan pihak swasta yang tidak terkait dengan pemerintah.

“Pemerintah tak pernah masuk dalam industri itu, dia [pemerintah] hanya mendorong saja gitu,” kata Arya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (31/10).

Di sosial media Twitter hari ini, Kamis (01/11/2018), tagar #HoaxEsemka jadi Trending Topik No.1. Lalu banyak netizen yang memberikan tagar #HoaxEsemka.

Berikut diantara sorotan netizen dengan tagar #HoaxEsemka: ㅤ

ㅤhttps://twitter.com/BangPino_/status/1057609705420337152?s ㅤ ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ ㅤ ㅤㅤㅤ

 

Bukan masalah kapan Esemka ini diluncurkan, tapi ini masalah ucapan seorang calon wakil presiden yang sdh dipublikasi yang harus bisa dipegang setiap ucapannya, disinilah uji publik berlaku#HoaxEsemka#2019GantiPresiden

Lantas, sebenarnya ada apakah dengan mobil Esemka menjadi trading topik? Apakah ingin mencari perhatian atau ingin membuat sensasi baru.

(fr)

Related posts

Leave a Comment