Ketum NU: Alquran Sudah Peringatkan Hoaks Sejak 15 Abad Silam

Jakarta, CNN Indonesia — Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU)Said Aqil Siradj mengatakan, permasalahan hoaks sejatinya telah disinggung dalam Alquran.

Kitab suci umat Islam telah memberi peringatan agar manusia tak mudah terpengaruh berita bohong, ujaran kebencian, hingga adu domba.

“Sejak 15 abad lalu Alquran sudah peringatkan jangan terpengaruh hoaks. Di surat Al Qalam itu ada, jadi sepertinya Alquran ini sudah beri peringatan di era sekarang,” kata Said saat ditemui di kantor wakil presiden, Jakarta, Kamis (10/1).

Said memastikan warga NU akan terus mengawal proses pemilu agar masyarakat tak mudah terprovokasi hoaks. Ia menyatakan bahwa segala bentuk hoaks adalah perbuatan dosa besar.

“Pak Wakil Presiden (Jusuf Kalla) mengharapkan NU selalu mengawal masyarakat agar jangan sampai terprovokasi hoaks,” ujar Said.

Lihat juga:Soal Hoaks, Sandi Mengaku Tak Kenal dengan Bagus Bawana PutraTerkait dengan hoaks tentang tujuh kontainer surat suara yang telah tercoblos, Said mengklaim tak ada satu pun santri maupun kiai dari NU yang ikut menyebar hoaks tentang hoaks itu.

“Kalau untuk warga NU saya jamin dari santri, kiai, enggak mungkin bikin hoaks tujuh kontainer itu. Pasti bukan kiai NU, saya jamin 100 persen,” ujar Said.

Polisi telah menangkap Ketua Umum Dewan Koalisi Relawan Nasional (Kornas) Prabowo Presiden, Bagus Bawana Putra (BBP) yang diduga membuat dan menyebarkan hoaks tujuh kontainer surat suara Pemilu 2019 sudah dicoblos.

Kepala Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Komisaris Besar Dani Kustoni mengatakan BBP mengawali aksinya dengan merekam suaranya untuk menginformasikan kabar tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu 2019 sudah dicoblos dari China di Tanjung Priok.

Lihat juga:Gaduh Cuitan Andi Arief dan Hoaks Surat Suara(psp)

Original Source

Related posts

Leave a Comment