KPU Malut Akan Terima Empat Juta Surat Suara Pekan Ini

Ternate, Gatra.com – Sebanyak 4,095,300 surat suara pemilihan calon anggota DPRD, DPR RI, DPD, dan Pilpres tahun 2019 untuk 10 kabupaten dan kota belum diterima oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut).

Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo, kepada Gatra.com di Ternate, Kamis (21/3), mengatakan, surat suara direncanakan tiba dalam pekan ini. “Begitu (surat suara) tiba, kami langsung bergerak (sortir),” tandasnya.

Dikatakan Syahrani, daftar pemilih tetap di Maluku Utara sekitar 789.123 jiwa, atau naik sebanyak 37.691 orang bila dibandingkan di tahun 2018, dengan total sebanyak 751.432 jiwa pemilih. “Ada selisih pemilih,” katanya.

Syahrani menilai, jumlah ini tidak terlalu banyak, bila dibandingkan dengan provinsi lain yang sudah menerima surat suara.

Kendati demikian, KPU Malut tetap fokus untuk mengantisipasi jangan sampai ada surat suara yang rusak. “Jadi dalam waktu yang tersisa ini, kami akan manfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

Sementara, mengantisipasi adanya pelanggaran-pelanggaran selama pemilu berlangsung, dikatakan Syahrani, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara. “Dari sini kita juga harap peran aktif para saksi,” tandasnya.


Reporter: Nurkholis

Editor: Rosyid

Original Source

Related posts

Leave a Comment