KPU Medan Coret 2 Caleg

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mencoret dua calon legislatif (caleg). Adalah Augus Napitupulu dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Sofian Suwardi dari Partai NasDem.

“Mereka telah kami coret dari Daftar Calon Tetap (DCT) karena meninggal dunia,” kata Ketua KPU Medan Agussyah Damanik dalam keterangannya di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (13/12).

Pencoretan nama keduanya resmi dilakukan setelah partai pengusung memberikan surat pemberitahuan. PDIP menerbitkan surat pemberitahuan bernomor 085/EX/DPC-29.26/XII/2018 tertanggal 3 Desember, perihal pemberitahuan DCT Pileg 2019 meninggal dunia. Lalu surat dari DPD Partai Nasdem bernomor 031/SI.I/DPD-NasDem/MDN/XII/2018 tertanggal 7 Desember.

KPU Medan kemudian menggelar rapat pleno dan menghapus nama Augus Napitupulu yang sebelumnya terdaftar sebagai calon anggota DPRD Kota Medan Daerah Pemilihan (Dapil) Medan 2 bernomor urut 12.

Lalu mencoret Sofian Suwardi yang sebelumnya terdaftar di Dapil Medan 5 bernomor urut 7. Saat ini jumlah caleg DPRD Kota Medan yang terdaftar dalam DCT tinggal 727 orang.

Komisioner KPU Medan Rinaldi Khair menambahkan, mekanisme pencoretan caleg setelah penetapan DCT dapat dilakukan berdasarkan pasal 35 ayat 1 dan 2 Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018. Calon yang meninggal dunia dapat dicoret tanpa mengubah nomor urut calon yang lain. Dengan kata lain, nomor urut caleg yang meninggal tidak diisi caleg berbeda. “Jadi nama calon yang meninggal dikosongkan,” ungkapnya.

Tidak ada mekanisme pergantian caleg yang dicoret setelah ditetapkan dalam DCT. Perubahan hanya bisa dilakukan hingga 12 Desember 2018, sesuai dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 1484/2018 tertanggal 6 Desember 2018. “Karena setelahnya, KPU RI melakukan pencetakan surat suara,” tandasnya.

(pra/JPC)

#kpu medan #pileg 2019

Original Source

Related posts

Leave a Comment