KPU Targetkan Pengiriman Surat Suara Selesai pada 30 Maret 2019

AKURAT.CO, Tanggal 30 Maret 2019 menjadi target KPU RI menyelesaikan pengiriman surat suara ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Komisioner KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengungkapkan bahwa hingga saat ini, pengiriman surat suara untuk Pileg dan Pilpres yang akan berlangsung pada 17 April 2019 sudah lebih dari 90 persen.

“Kalau pengiriman sudah lebih dari 90 persen, cetaknya boleh dikatakan hampir selesai. Ada beberapa yang belum selesai karena cetak suara ada 5 jenis dan jenis tertentu belum selesai,” ungkapnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

baca juga: BPN Prabowo Cekal Metro TV, TKN Jokowi Ikuti Keputusan KPU Berencana Tarik Video Mobil Berplat Dinas, Mabes TNI Bakal Hubungi Kemenkominfo TKN Jokowi-Ma’ruf Disarankan Fokus Ubah Dukungan Jadi Suara Riil di TPS

Namun demikian, Hasyim mengatakan, hingga kini KPU juga terus melakukan perbaikan terhadap sejumlah surat suara yang rusak.

“Kalau surat suara rusak diketahui sekarang ya kita siapkan penggantinya, kan nanti disortir dan disingkirkan agar enggak digunakan,” katanya.

Senada dengan Hasyim, Komisioner KPU RI Ilham Saputra, menyampaikan bahwa pengiriman surat suara akan diprioritaskan ke daerah dengan jumlah penduduk atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang jumlahnya banyak terlebih dahulu.

“Sebagian daerah-daerah lain sudah hampir 100 persen, bahkan sudah ada yang selesai, seperti di Lampung, Bogor, sebagian Jawa Barat. Jumlah pemilihnya memang sangat besar, itu yang kita prioritaskan,” ujarnya.

Menurut Ilham, pengiriman surat suara yang belum selesai misalnya saja ke daerah Sulawesi Tengah dan Bangka Belitung.

“Kalau ada kendala-kendala terkait misalnya dengan pengiriman laut, cuaca dan sebagainya, kita minta bantuan kepada pihak lain, seperti TNI, Polri, dimungkinkan, oleh peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.[]

Original Source

Related posts

Leave a Comment