Kunjungi Korban Banjir Sentani, Istri Kapolri Berikan Trauma Healing

JawaPos.com – Sebanyak 105 warga Sentani, Papua meninggal dunia akibat banjir bandang akhir pekan lalu. Trauma pun menyelimuti para korban, tak terkecuali anak-anak.

Melihat hal ini, Ketua Umum Bhayangkari Tri Suswati Tito Karnavian terjun langsung ke Sentani mengunjungi para korban. Bersama Ketua Bhayangkari Daerah Papua Risma E. Martuani beserta para pengurus Bhayangkari daerah Papua menghibur anak-anak korban banjir tersebut.

Tak ketinggalan Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin dan para Pejabat Utama (PJU) Polda Papua juga turut hadir. Kedatangan mereka untuk memberikan dukungan kepada para korban.

Setibanya di Papua, Tri langsung menuju lokasi pengungsian dan menyapa 298 anak korban banjir bandang yang berada di ruang sahabat anak Posko Induk Kabupaten Jayapura, Papua. Ia melakukan trauma healing dengan mengajak bernyanyi dan bermain.

“Di balik semua bencana ini kita meyakini akan ada hari yang cerah dan kehidupan yang jauh lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya di ruang sahabat anak Posko Induk Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (22/3).

Kendati keadaannya kurang memungkinkan, istri Jenderal Tito Karnavian itu berharap anak-anak tetap bisa belajar dan bergembira bersama. “Di sini ada kakak-kakak Polwan yang siap untuk menemani kalian belajar dan bermain. Kemudian, ada relawan dari Wahana Visi Indonesia yang memberikan pendampingan dan trauma healing,” tuturnya.

Usai mengajak anak-anak bernyanyi, Tri turut menemui pengungsi di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Jayapura dan Auri. Termasuk meninjau dapur umum yang dibentuk Polri serta menyerahkan bantuan untuk para korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Terpisah, Kasatgas Binmas Noken Polri Kombes Eko Sudarto mengatakan setiap hari tim Binmas Noken melakukan trauma healing. Kegiatan ini diberikan kepada anak-anak secara bergilir dari satu posko pengungsian ke posko pengungsian lainnya.

“Mereka di tenda sahabat anak ini diajak menyanyi, bermain, mewarnai gambar, membaca buku-buku cerita, dengan harapan anak-anak tersebut dapat kembali ceria seperti saat sebelum ada bencana,” jelasnya di lokasi yang sama.

Editor : Erna Martiyanti
Reporter : Desyinta Nuraini

#korban banjir sentani #trauma healing #istri tito karnavian

Original Source

Related posts

Leave a Comment