Lapar Palsu? Kenali Tanda-tandanya

Lapar Palsu? Kenali Tanda-tandanya - JPNN.COM

jpnn.com – Pernahkah Anda merasa lapar padahal baru saja melahap sepiring nasi goreng dan setangkup roti lapis? Jika ya, bisa jadi Anda tengah mengalami lapar palsu. Jangan biarkan kondisi tersebut membuat Anda lupa diri dan makan lebih banyak. Kenali tanda-tandanya agar Anda bisa mengontrol diri.

Sebab, memahami pola makan diri sendiri dan mengenali rasa lapar yang sebenarnya bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan agar tetap stabil.

Hal yang memengaruhi nafsu makan seseorang

Membuat keputusan untuk makan sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tampilan dari makanan, aroma makanan, dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan hidup sebagai makhluk sosial.

Terkadang, seseorang makan bukan hanya untuk memenuhi selera makannya, tapi juga dalam mengendalikan emosi, merayakan sesuatu, menjalani tradisi kultural, atau bahkan karena makanan tersebut sangat disukainya.

Para pakar telah melakukan berbagai penelitian mengenai hal-hal yang memengaruhi nafsu makan dan kelaparan selama bertahun-tahun. Namun, sistem di dalam tubuh yang meregulasi hal ini ternyata cukup kompleks.

Hormon penanda lapar di dalam tubuh yang dikenal dengan nama ghrelin, serta kondisi lambung yang kosonglah yang umumnya menjadi sinyal utama bagi otak dan menandakan bahwa seseorang merasa lapar. Namun, bagaimana dengan kondisi lapar palsu?

Lapar palsu dan berbagai penyebabnya

1234 Next
Sumber : Klikdokter

SHARES

TAGS Laparlapar palsukurang seratMakan Malam

Berita Terkait
Merasa Sering Lapar, Pasti Akibat Penyakit Diabetes?
Kenali 9 Penyebab Anda Lapar Meski Sudah Makan
Masih Ada Kelaparan, Bamsoet Minta Pemerintah Cekatan
Ini Alasan Mengapa Anda Masih Lapar Meski Sudah Makan
Masih Lapar meski Sudah Makan? Mungkin 5 hal ini Penyebabnya
Lapar Setelah Olahraga? Ini Penyebabnya

Original Source

Related posts

Leave a Comment