Model Baru Segera Tayang, Begini Nasib Avanza Xenia Bekas

VIVA – Toyota diketahui sedang menyiapkan Avanza model baru. Mobil keluarga kasta terendah itu disebut-sebut akan meluncur pada awal 2019.

Sayangnya, hingga saat ini baik pihak Toyota maupun Daihatsu sebagai pembuatnya, sama sekali tutup mulut. Meski demikian, ada beberapa informasi yang berhasil VIVA dapatkan dari sumber lain.

Digadang-gadang, perubahan yang paling kentara terjadi pada sektor eksterior, di mana spion dan grille dibuat mirip dengan Toyota Rush. Sedangkan, Xenia terbaru akan tersedia mesin 1.500 cc Dual VVT-i.

Kehadiran produk baru umumnya berdampak pada harga mobil bekas. Pemilik ruang pamer Bambu Kuning Motor di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Fadli mengatakan, harga bekas Avanza dan Xenia berbeda dari mobil lain.

Daihatsu Xenia di IIMS 2018

Daihatsu Xenia di IIMS 2018

“Avanza dan Xenia unik. Model baru muncul, tidak jadi patokan versi sebelumnya turun harga. Dari tahun ke tahun tetap stabil,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 7 Desember 2018.

Menurutnya, yang mempengaruhi harga Avanza justru kehadiran para pesaingnya. “Sekarang, Avanza 2012-2013 pasarannya masih Rp130 jutaan. Kalau mau murah, yang tahun produksinya 2009 Rp90-Rp100 juta,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, harga Avanza dan Xenia bekas pakai bisa turun, jika produsen menerapkan strategi yang sama seperti Rush dan Terios.

Saat meluncur perdana, All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios dibanderol sama dengan model lawas. Alhasil, harga Rush dan Terios bekas dengan tahun yang tidak jauh berbeda, menjadi turun drastis. (re2)

Related posts

Leave a Comment