Pahami Makna di Balik 5 Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Merdeka.com – Wawancara kerja adalah tahap yang menentukan apakah Anda diterima bekerja di perusahaan impian atau tidak. Sejumlah pertanyaan akan ditanyakan oleh pewawancara untuk mengetahui kredibilitas Anda sebagai karyawan.

BERITA TERKAITJokowi Sentil Pengemudi Online yang Gunakan Ponsel Saat BerkendaraJokowi: Saya Jengkel Kalau Ada yang Remehkan Profesi Pengemudi OnlineAkhir Pekan, Harga Emas Tak Bergerak di Rp 660.000 per Gram

Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri agar nantinya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara dan meninggalkan kesan yang positif. Termasuk mempersiapkan jawaban seperti apa yang harus Anda berikan untuk meyakinkan pewawancara.

Berikut makna dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara, sekaligus jawaban terbaik agar Anda mendapatkan pekerjaan impian, dikutip Hipwee.

Coba ceritakan tentang diri Anda

Saat Anda diminta untuk mendeskripsikan tentang dirimu, pewawancara tidak semata-mata ingin tahu karakter asli Anda yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Namun, pewawancara juga ingin tahu sejauh mana kemampuan komunikasi Anda, bagaimana Anda presentasi dan menjelaskan sesuatu, terutama saat mempresentasikan diri sendiri.

Tolong jelaskan kelemahan diri Anda

Apa yang sebenarnya pengen diketahui pewawancara lewat pertanyaan ini adalah seberapa jujur Anda mengenal diri Anda sendiri. Jangan menghindar dengan menjawab, ‘Saya tidak memiliki kelemahan apa pun’. Cobalah mencari sesuatu yang bukan jadi keunggulan tapi sedang berusaha Anda perbaiki. Hal ini akan menunjukkan pada pewawancara bahwa Anda juga peduli dengan perkembangan diri sendiri.

Kenapa Anda tertarik melamar kerja di perusahaan ini?

Pertanyaan ini tentunya untuk mengetahui apakah Anda sudah riset tentang perusahaan atau belum, serta sejauh mana Anda tahu perkembangan perusahaan yang kamu lamar tersebut. Jawaban Anda nanti akan menunjukkan seberapa jauh ketertarikan dan semangat untuk bekerja di sana.

Kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan Anda?

Arah pertanyaan ini adalah agar Anda paham tentang posisi yang dilamar dan kecocokannya dengan kompetensi Anda. Manfaatkan pertanyaan ini untuk menjual kemampuan yang Anda miliki. Bicaralah kalau Anda tidak hanya ingin bekerja, namun juga bakal kasih yang terbaik untuk perusahaan. Dengan begini, pewawancara akan menilai Anda sebagai seseorang yang percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Apa rencana Anda dalam 5 tahun ke depan?

Pertanyaan ini tidak hanya untuk mengetahui tujuan Anda di masa mendatang, tapi juga melihat seberapa baik Anda menyusun rencana berikut langkah yang udah kamu lakukan untuk mencapainya. Dalam jawaban Anda nanti juga akan dinilai apakah Anda punya ambisi untuk bertumbuh dan berkembang secara karier profesional pun yang rasional, termasuk dilihat apakah ada rencana Anda yang sejalan dengan rencana perusahaan. [azz]

Original Source

Related posts

Leave a Comment