PAN akan Tindak Ketua DPW Kalsel yang Dukung Jokowi

VIVA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional, Eddy Soeparno memastikan pihaknya akan menindak tegas pengurus yang tak sejalan dalam sikap politik di Pilpres 2019. Eddy mengaku terkejut soal dukungan DPW PAN Kalimantan Selatan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi dan Ma’ruf Amin.

“DPP akan segera meminta keterangan dan klarifikasi deklarasi sepihak yang dilaksanakan Ahad 9 Desember 2018,” kata Eddy melalui keterangan tertulisnya, Senin 10 Desember 2018.

Ia menegaskan dalam Rakernas PAN 2018 sudah jelas PAN mendukung pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Ia mengingatkan seluruh jajaran pengurus dan kader PAN bisa berkomitmen mendukung kemenangan Prabowo-Sandi sesuai keputusan rakernas.

“Kami sedang menghimpun fakta dan informasi yang akurat mengenai sikap Ketua DPW PAN Kalsel. Setelah itu kami baru akan bertindak,” jelas Eddy.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menambahkan persoalan ini merupakan bagian dari dinamika lokal Kalsel yang memaksa pengurus provinsi mengambil keputusan mendukung Jokowi. Apalagi PAN ingin bisa mendapatkan suara signifikan pada pemilihan legislatif.

Menurut Bara, keputusan pencalonan presiden yang diputuskan pusat sering tak bisa diterjemahkan ke pengurus daerah. Selain itu, faktor Jokowi masih kuat di Kalsel.

“Mendorong pengurus di sana mengambil keputusan seperti itu. Dan. Saya rasa pada akhirnya DPP akan mengambil sikap yang bijak dalam hal ini,” kata Bara.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (keempat kanan) didampingi istri Iriana Joko Widodo (tengah) dan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir (kedua kanan) mengikuti jalan sehat bertajuk Sehat Bersama #01JokowiLagi di Lampung

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (keempat kanan) didampingi istri Iriana Joko Widodo (tengah) dan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir (kedua kanan) mengikuti jalan sehat bertajuk Sehat Bersama #01JokowiLagi di Lampung

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, turut merespons dukungan pengurus daerah PAN Kalsel. Menurutnya, sikap politik DPW PAN Kalsel menunjukkan kesamaan pandangan untuk melanjutkan pemerintahan Jokowi di periode kedua.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para sahabat yang di DPP PAN Kalimantan Selatan karena memang nuraninya sama ingin membangun rakyat kita secara seluruhnya,” ujar Erick di kediaman Ma’ruf, Jalan Situbondo, Jakarta, Senin 10 Desember 2018.

Menurut Erick, dukungan itu juga sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintahan Jokowi selama ini. Selama memimpin TKN, Erick bilang tak menutup pintu bagi siapa pun yang ingin merapat.

“Allah SWT selalu memberikan yang terbaik kepada individu-individu atau kelompok yang punya kesamaan tadi,” jelas Erick. (umi)

Original Source

Related posts

Leave a Comment