Pengadilan Thailand bebaskan pesepakbola Hakeem al-Araibi

Pizaro Gozali

JAKARTA

Pengadilan Thailand pada Senin resmi membebaskan pemain sepak bola Hakeem al-Araibi setelah Bahrain membatalkan permintaan ekstradisi, lansir Bangkok Post.

Pernyataan tersebut diumumkan langsung jaksa penuntut umum menyusul gelombang protes dunia atas kekhawatiran terhadap nasib al-Araibi.

Jaksa penuntut umum Settha Thianpilakul menarik permintaan jaksa sebelumnya soal ekstradisi pemain sepak bola Bahrain berusia 25 tahun itu.

Tak lama kemudian pengadilan menyetujui permintaan penarikan tuntutan dan memerintahkan penjara Bangkok untuk membebaskan Araibi.

“Kami telah diberitahu bahwa Bahrain ingin menarik permintaan (ekstradisi) … jika mereka tidak menginginkannya, kami tidak punya alasan untuk menahannya di sini,” ujar Direktur jenderal Departemen Urusan Internasional Chatchom Akapin.

Kantor Berita Bahrain (BNA) sebelumnya melaporkan pada Minggu bahwa Perdana Menteri Khalifa bin Salman Al Khalifa melakukan panggilan telepon dengan Perdana Menteri Thailand Jenderal Prayut Chan-o-cha.

Pangeran Mahkota Bahrain Salman bin Hamad Al Khalifa juga telah bertemu pada Minggu dengan menteri luar negeri Thailand yang sedang mengunjungi negara itu.

Namun tidak ada keterangan lebih lanjut soal isi pembicaraan pemimpin kedua negara.

Mantan kapten tim nasional Australia Craig Foster, yang telah memimpin kampanye untuk pembebasan Araibi, memuji semua pihak yang telah bekerja membebaskan rekannya.

“Banyak orang hebat melangkah maju untuk membantu Hakeem,” tulisnya Senin dalam komentar di Twitter.

“Mereka semua layak berada di depan kamera sekarang, bukan hanya saya. Pikiranku bersama istri Hakeem. Mimpi buruknya akan segera berakhir. Doa kami telah terjawab.”

Araibi melarikan diri ke Australia dari Bahrain pada tahun 2014. Dia lalu bermain untuk Pascoe Vale, sebuah klub sepak bola di Melbourne.

Araibi ditangkap otoritas Thailand saat berbulan madu di Bangkok pada November 2018 atas permintaan Bahrain.


Original Source

Related posts

Leave a Comment