Perayaan ulang tahun Jokowi: Dari tumpengan para pendukung sampai tagar khusus di media sosial

Tumpeng yang menjadi bagian dari perayaan HUT Presiden Jokowi di Solo, Kamis (21/6).Hak atas fotoBBC Indonesia/Fajar Sodiq
Image caption Tumpeng yang menjadi bagian dari perayaan HUT Presiden Jokowi di Solo, Kamis (21/6).

Sejumlah warga dan relawan di jakarta dan Solo merayakan hari ulang tahun Presiden Joko Widodo ke-57 dengan pemotongan tumpeng, sementara di media sosial, tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati pun ramai digunakan.

Joko Widodo genap berusia 57 tahun pada pada Kamis (21/6) ini.

Di Jakarta, sejumlah relawan melakukan pemotongan tumpeng depan Istana. Sementara di Solo, sejumlah orang yang tergabung dalam Projo Nawacita (Pronata) menuliskan ucapan selamat ulang tahun lengkap dengan pesan di secarik kertas, yang dikumpulkan ke dalam kardus, seperti dilaporkan wartawan di Solo, Fajar Sodiq untuk BBC Indonesia.

Sesudah hadirin menyanyikan lagu selamat ulang pemotongan tumpeng dilakukan Ketua DPC Pronata Solo, Baningsih Tedjokartono, yang juga mendoakan, “supaya Jokowi diberikan kesehatan, kebahagiaan dan kesabaran dalam memimpin negara.”

Hak atas fotoBBC Indonesia/Fajar Sodiq
Image caption Salah satu tulisan ucapan ulang tahun dalam perayaan potong tumpeng memperingati HUT Presiden Jokowi di Solo, Kamis (21/6).

Bisa diduga, ada pesan-pesan kampanye terselip. Juga dari pernyataan salah satu warga yang mengikuti acara ulang tahun tersebut, Uke Purnadi.

“Nanti kalau sudah selesai menjadi Presiden para periode kedua, Pak Jokowi balik Solo ya. Nanti kita bekerjsama membawa Solo ke panggung dunia,” kata Uke.

Sementara itu di media sosial, tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati ramai digunakan oleh warganet. Spredfast mencatat ada sekitar 15.000 cuitan yang menggunakan tagar tersebut untuk meramaikan hari ulang tahun Presiden Jokowi.

Salah satu cuitan yang ramai dibagikan berasal dari akun resmi Basuki Tjahaja Purnama yang kini dipegang oleh timnya.

Lompati Twitter pesan oleh @Dwiyana_DKM

Selamat Ulang Tahun yang ke 57

pak @jokowi, teriring doa dari kami semoga bapak dan keluarga selalu diberikan kesehatan, dan tidak pernah letih bekerja dgn penuh istiqomah dan amanah dalam memimpin negeri ini. #HBDJokowiKerjaPakaiHati#HBDJokowi57pic.twitter.com/WLLaO3CH6C

— Y A N A (@Dwiyana_DKM) 20 Juni 2018

Hentikan Twitter pesan oleh @Dwiyana_DKM

Lompati Twitter pesan oleh @basuki_btp

Diposting oleh timBTP

Selamat ulang tahun Pak @jokowi yang ke-57. Semoga panjang umur, selalu dikarunia kesehatan, keberanian, dan ketulusan hati dalam menjaga NKRI. #HBDJokowiKerjaPakaiHatipic.twitter.com/PJez6zn9Nu

— Ahok Basuki TPurnama (@basuki_btp) 21 Juni 2018

Hentikan Twitter pesan oleh @basuki_btp

Lompati Twitter pesan oleh @newsplatter

Selamat hari lahir, bapak Presiden kami @jokowi. Saya, dan jutaan orang lain masih memiliki harapan itu. #HBDJokowiKerjaPakaiHati

(Kalau sudah terpilih lagi, kan gak perlu lagi kompromi sama pihak2 lain ya pak? Bisa kerja lebih pol lagi! ?) pic.twitter.com/XkhzXQdKiM

— Henry Manampiring (@newsplatter) 21 Juni 2018

Hentikan Twitter pesan oleh @newsplatter

Sebagian penentang Jokowi menciutkan pesan-pesan yang dikaitkan dengan tagar #2019Gantipresiden.

Sementara beberapa warganet lain menyampaikan ucapan selamat sembari tetap kritis, dengan mengingatkan sejumlah hal.

Lompati Twitter pesan oleh @titianggraini

Slamat ultah Pak @jokowi. Smg sll sehat dlm mmimpin pmrintahan & negara. Terus mbnahi bbg pkerjaan rumah yg ada, bkomitmen & konsisten u/ mjaga mutu demokrasi, mmenuhi hak warga, mbrikan playanan inklusif tbaik u/ rakyat. Tidak mciderai Hak Pilih warga krn KTP el msh ada masalah.

— Titi Anggraini (@titianggraini) 21 Juni 2018

Hentikan Twitter pesan oleh @titianggraini

Lompati Twitter pesan oleh @UsamaAhmadRizal

Met ultah Pak. @jokowi Saya sebagai warga negara ta’at dan patuh kepada bapak. Tapi ya kami mohon Pak. perhatikan saudara kita Ahmadiyah, Syiah, dll. mereka juga warga Bapak. Saya yakin, dengan bapak memberikan rasa adil kepada mereka. Bapak akan selalu dikenang.

— 33 (@UsamaAhmadRizal) 21 Juni 2018

Hentikan Twitter pesan oleh @UsamaAhmadRizal

Related posts

Leave a Comment