Persiapan Pertemuan KTT Kim-Putin semakin Jelas

RENCANA kunjungan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, ke Rusia semakin terlihat. Sejumlah staf keamanan dan protokol dari Korea Utara mendatangi Vladivostok untuk mematangkan persiapan pertemuan Kim dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Baik pemerintah Rusia maupun Korea Utara, telah mengonfirmasi jadwal kunjungan Kim ke Rusia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bilateral. Akan tetapi, mereka enggan mengungkapkan waktu dan lokasi pertemuan.

Banyak media berspekulasi bahwa Kim tiba di Vladivostok, sebuah kota di wilayah timur Rusia, pada Rabu mendatang, dengan menggunakan kereta api. Kim Chang-son, kepala tim protokol Pemimpin Korea Utara, beserta sejumlah staf terpantau mulai memeriksa fasilitas di Vladivostok. Termasuk, Far Eastern Federal University yang disinyalir menjadi lokasi pertemuan pemimpin Korea Utara-Rusia.

Moskow dan Pyongyang tampaknya menjadwalkan agenda makan malam untuk Kim dan Putin pada Rabu waktu setempat. Adapun, pertemuan resmi kemungkinan besar dilaksanakan pada hari berikutnya.

Apabila Kim benar melakukan perjalanan dengan kereta api, dia akan menempuh jarak sekitar 1.200 kilometer (km) dari Pyongyang. Perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar 20 jam. Mengingat, beberapa jalur kereta api menuju perbatasan Rusia dalam kondisi buruk.

Sebagai tanda persiapan akhir untuk kemungkinan penyelenggaraan KTT di Far Eastern Federal University di Pulau Russky Vladivostok, warga setempat memasang bendera Korut dan Rusia di sejumlah titik. Para awak media dari Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, dan sejumlah negara telah memadati area sekitar lokasi. Namun, petugas keamanan meminta mereka menjauh. Beberapa petugas membawa anjing penjaga.

Setelah mengikuti KTT bilateral, Kim dijadwalkan melakukan tur di wilayah sekitar. Namun, belum bisa dipastikan apakah Putin ikut menemani Kim berkeliling. Mengingat, Putin akan berangkat ke Beijing untuk menghadiri konferensi internasional yang membahas inisiatif One Belt One Road, sebuah strategi geopolitik skala besar yang menghubungkan Tiongkok dengan wilayah Asia Tenggara, Asia Tengah, Eropa, dan Afrika.

Kim juga akan mengunjungi beberapa pabrik yang memproduksi susu atau cokelat. Pun, Kim akan mengunjungi Primorsky Aquarium, salah satu tempat wisata populer di Far Eastern. (Yonhap/Tes/I-1)

Original Source

Related posts

Leave a Comment