Pertama Kalinya, Kepulauan Seribu Dianugerahi Kota Layak Anak Tingkat Pratama

RMOL. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu turut mendapat penghargaan Kota Layak Anak tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penghargaan dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional 2018 tersebut diberikan langsung oleh Menteri PP dan PA, Yohana Susana Yesimbe kepada Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Senin malam (23/7). Hadir mendampingi Kepala Suku Dinas PPPA Kabupaten Kepulauan Seribu, Poltak serta para anggota Gugus Tugas KLA tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Kebahagian ini tentu disambut dengan sukacita seluruh anggota Gugus Tugas KLA, karena baru pada tahun 2018 inilah, penghargaan itu dapat diraih sejak KLA dicanangan pada tahun 2010 oleh Kementerian PPPA,” tutur Poltak melalui siaran pers yang diterima redaksi, pagi ini (Selasa, 24/7).

Hal ini mengingat pada tahun 2017 seluruh wilayah tingkat kota administrasi di DKI Jakarta telah mendapatkan penghargaan KLA Tingkat Pratama. Sayangnya, penghargaan ini belum diraih oleh Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Husein Murad mengatakan, keberhasilan ini tentu bukan pekerjaan yang dilakukan semalam, namun hasil usaha dan kerja keras secara simultan, terukur, sustainable, dan terintegrasi yang dilakukan oleh seluruh anggota gugus tugas KLA yang dimotori oleh Sudin PPAPP.

“Saya menghaturkan banyak terima kasih atas dedikasi, loyalitas, dan kerja keras seluruh rekan-rekan dari gugus tugas KLA yang telah berkomitmen untuk menjadikan pulau seribu sebagai pulau layak anak dan menjadi rujukan pulau-pulau lain di Indonesia,” ujar Husein Murad.

Lebih jauh Poltak menambahkan bahwa selama ini pengembangan Pulau Layak Anak memang belum digarap secara serius oleh pemerintah pusat. Kebijakan ini hanya berkutat pada bagaimana mengembangkan kabupaten/kota agar menjadi kab/kota yang layak anak. Namun pengintensifan atau penajaman program tidak menyentuh secara khusus suatu pulau atau beberapa pulau sebagai pilot project pengembangan Pulau Layak Anak di Indonesia (PLA).

Nah, peluang dan kesempatan inilah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu untuk berkomitmen menjadikan seluruh gugusan pulau di Kepulauan Seribu sebagai kepulauan ramah anak,” ujar Poltak.

Poltak mengatakan, penghargaan KLA tingkat pratama yang diraih oleh Kepulauan Seribu adalah bukti dan pengakuan pemerintah atas prestasi dan upaya-upaya positif yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam usaha menjadikan ibukota negara ini sebagai Kota Ramah Anak, termasuk menjadikan Kepulauan Seribu sebagai pulau terdepan dalam pengembangan pulau ramah anak.

“Diharapkan perencanaan yang akan dilaksanakan, program yang telah berjalan, dan upaya yang dikembangkan, selama ini akan menjadikan Kepulauan Seribu sebagai benchmark dan pelopor bagi pengembangan pulau layak anak tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia ibu,” tutupnya. [wid]

Related posts

Leave a Comment